Program Magister Aqidah & Filsafat Islam

Rasional

Aqidah adalah dasar dari ilmu pengetahuan dan peradaban Islam. Karena itu kajian aqidah Islam tidak semestinya melulu bersifat doktriner atau berdasarkan dalil naqli saja, akan tetapi juga berdasarkan dalil aqli. Dalam konteks kekinian kajian aqidah seharusnya dikaitkan dengan sains, sebab di dalam aqidah Islam yang hakekatnya rasional aqidah fikriyah) itu terkandung aspek-aspek ilmu pengetahuan Islam terdapat aspek-aspek aqidah. Oleh sebab itu dalam program studi ini, aqidah dikaji secara sistematik dengan merujuk kepada tradisi intelektual Islam sejak zaman Nabi melalui buku-buku turath agar mahasiswa dapat memahami beberapa konsep-konsep penting dalam worldview Islam. selain itu aqidah juga dikaji dalam konteks perkembangan ilmu pengetahuan kontemporer, sehingga aqidah secara keilmuan dapat menjadi bersifat fungsional.

Prodi ini terselenggara berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam (Dirjen Pendis) Kementerian Agama Republik Indonesia Nomor: Dj.I/267/2010, dan telah terakreditasi BAN PT dengan nilai B berdasarkan SK BAN-PT nomor: 100/SK/BAN-PT/Ak-X/M/II/2013. Gelar: Magister Agama (M.A)

VISI

Menjadi Pusat Studi bereputasi internasional bagi peningkatan sumber daya manusia yang menguasai ilmu-ilmu Aqidah dan Filsafat Islam serta mampu mengintegrasikan dan mengislamisasikan ilmu pengetahuan kontenporer untuk kemajuan peradaban Islam pada tahun 2030

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang berfokus pada pengembangan islamic worldview sebagai basis teologis-metafisis dalam pengembangan keilmuan, yang berorientasi pada kebutuhan hingga tahun 2030 dan perkembangan ilmu pengetahuan untuk kemajuan peradaban Islam.
  2. Melaksanakan dan menghasilkan kegiatan penelitian dan pengembangan terkait islamisasi ilmu pengetahuan kontemporer yang mempunyai kontribusi pada kemajuan ilmu pengetahuan dan umat.
  3. Melaksanakan pengabdian pada masyarakat yang diarahkan pada pemecahan masalah-masalah fundamental masyarakat dan tantangan global pemikiran keislaman.

TUJUAN PROGRAM STUDI

Program Studi Aqidah dan Filsafat Islam bertujuan melahirkan sarjana muslim dengan kkualifikasi sebagai berikut:

  1. Menguasai bidang keilmuan Aqidah dan Filsafat Islam secara konfrehensif
  2. Mampu menciptakan temuan-temuan baru terkait pengembangan keilmuan Islam terutama dalam bidang Aqidah dan Filsafat Islam, baik pada aspek epistemologi, metodologi, materi, maupun konteks kajiannya
  3. Memiliki kemampuan untuk menggunakan keilmuan Islam sebagai basis pengembangan keilmuan ilmu pengetahuan
  4. Memiliki kemampuan untuk mengkaji dan mengkritisi ilmu pengetahuan terutama bidang Aqidah dan Filsafat Kontenporer
  5. Mempunyai peran kontributif dalam menyelesaikan problem ummat terutama terkait dengan bidang Aqidah dan Filsafat Islam dan tantangan Pemikiran Islam

KOMPETENSI LULUSAN

  1. Dosen
  2. Peneliti bidang Aqidah dan Filsafat Islam
  3. Ahli bidang pemikiran (Aqidah dan Filsafat Islam)

 TENAGA PENGAJAR

  1. Prof. Dr. Amal Fathullah Zarkasyi, M.A
  2. Prof. Dr. Mudjia Raharjo, M.A
  3. Dr. Hamid Fahmy Zarkasyi, MA.,M,Phil
  4. Dr. Muhammad Kholid Muslih, MA
  5. Dr. Sujiat Zubaidi Saleh, M.Ag
  6. Dr. Mohammad Muslih, MA.
  7. Dr. Nur Hadi Ihsan, MIRKH
  8. Dr. Syamsuddin Arif, MA.
  9. Dr. Lukman Atmaja
  10. Dr. Jarman Arroisi, M.Ud.
  11. Dr. Muhammad Latif, MA.