Program Doktor Aqidah dan Filsafat Islam

Latar Belakang

Sekitar setengah abad yang lalu (tahun 1971) dalam Konferensi Pendidikan Islam di Makkah muncul kesadaran akan perlunya umat Islam memiliki universitas Islam. Universitas ini tidak seperti universitas yang telah ada, tapi universitas yang mengajarkan kajian Islam dan sains secara integral. Namun, karena sains kontemporer tidak selalu sejalan dengan ajaran Islam, diperlukan suatu proses adapsi epistemologis yang disebut Islamisasi Ilmu Pengetahuan Kontemporer.

Hingga saat ini proses ini tidak berjalan atau berkembang dengan pesat karena beberapa hal. Pertama, tidak dilaksanakan secara institusional dalam bentuk yang terstruktur. Kedua, komunitas ilmuwan Muslim dalam berbagai disiplin ilmu di dunia Islam yang perduli dengan program ini sangat lambat terbentuk. Ketiga, kecilnya jumlah cendekiawan Muslim yang pakar sains-humaniora dan sekaligus pakar ilmu-ilmu tradisional Islam. Disamping itu pakar disiplin ilmu Islam tradisional minim berinteraksi dan berkolaborasi dengan pakar disiplin sains-humaniora. Keempat, terdapat beberapa cendekiawan Muslim  yang memahami istilah “Islamisasi” secara politis sehingga cenderung menolak. Kelima, banyak cendekiawan Muslim tidak memahami program ini secara epistemologis sehingga salah faham. Kelima factor diatas berperan besar dalam menghambat terwujudnya universitas Islam yang digagas setengah abad yang lalu itu.

Karena Islamisasi Ilmu Pengetahuan Kontemporer di universitas Islam merupakan hajat utama yang tidak dapat dikesampingkan lagi, maka Program Pascasarjana khususnya program Doktor dalam bidang Aqidah dan Filsafat Islam di Universitas Darussalam Gontor berupaya fokus pada kajian Islamisasi Ilmu Pengetahuan Kontemporer.

Aqidah, di Universtias Darussalam Gontor, diposisikan sebagai the Mother of Sciences. Sebab kajian mengenai kalām dan falsafah dalam sejarah intelektual Islam telah melahirkan berbagai disiplin ilmu seperti Fisika, Ilmu Jiwa, Epistemologi, Ilmu Akhlaq, dan sebagainya. Demikian pula kajian mengenai Aqidah dan syariah menghasilkan ilmu-ilmu tradisional seperti tafsīr, hadīth, Fiqih dan Uṣūl Fiqh, iqtisād, Mawārith dan sebagainya.

Berdasarkan pokok-pokok pikiran di atas maka Program Studi Doktor Aqidah dan Filsafat Islam di Universtias Darussalam Gontor diarahkan untuk studi secara mendalam keilmuan Aqidah dan filsafat Islam sebagai basis pengembangan ilmu dan studi tentang berbagai disiplin ilmu, termasuk sains sosial-humaniora, dengan berbasiskan pada konsep embryonal dari ajaran Islam.

Program Studi Aqidah dan Filsafat Islam. Prodi ini terselenggara berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam (Dirjen Pendis) Kementerian Agama Republik Indonesia Nomor: 6547 Tahun 2015 dan saat ini sedang dalam proses akreditasi BAN PT. Gelar: Doktor (Dr.)

Visi

“Menjadi Program Doktor yang unggul dan terkemuka dalam pengembangan keilmuan Aqidah dan Filsafat Islam sebagai basis Islamisasi ilmu pengetahuan kontemporer untuk menjawab tantangan global yang berskala internasional pada tahun 2030”

Misi

  1. Menyelenggarakan proses pendidikan tingkat doktor yang berorientasi pada keunggulan, kejujuran, integritas, dan kewibawaan akademik dalam suatu suasana religius yang dibingkai tradisi pesantren;
  2. Mengembangkan ilmu pengetahuan, seni, dan teknologi melalui penelitian pengembangan dan kajian ilmiah dalam kerangka paradigma Islamisasi Ilmu, yang memposisikan Aqidah Islamiyah sebagai basis teologis melalui tradisi dan budaya ilmiah;
  3. Menyelenggarakan program-program pengembangan masyarakat secara konsisten, dalam konteks kearifan pesantren, yang diarahkan untuk membangun tatanan kehidupan Islami dan ikut aktif dalam menyelesaikan problem umat;
  4. Mengembangkan suasana akademik sebagai pengembangan wawasan keilmuan yang memposisikan Aqidah Islamiyah tidak hanya sebagai pedoman hidup, tetapi juga merupakan basis teologis bagi pengembangan ilmu pengetahuan kontemporer.

Tujuan

  1. Terselenggaranya program pendidikan pascasarjana yang menghasilkan doktor yang memiliki pemahaman dan wawasan keislaman yang mendalam dan komprehensif, mempunyai keahlian dalam pengembangan ilmu berdasarkan Islamic worldview, profesional, kompetitif, dan berakhlak mulia sebagai wujud dari komitmen keislamannya;.
  2. Berkembangnya proses pendidikan yang melahirkan temuan-temuan ilmiah sebagai konsekuensi dari filsafat keilmuan yang memposisikan Aqidah Islamiyah sebagai. basis pengembangan ilmu-ilmu, sekaligus sebagai basis integrasi keilmuan, baik integrasi antar ilmu, maupun antara ilmu dan agama;
  3. Terselenggaranya suasana akademik yang menghasilkan lulusan yang memiliki jiwa dan kemampuan kepemimpinan, mempunyai komitmen pada kemajuan Islam dan umat, berwawasan global, dan terus terlibat aktif dalam pengembangan masyarakat dan menyelesaikan problem umat;
  4. Berkembangnya suasana akademik yang memungkinkan pengembanganwawasan keilmuan dengan memposisikan Aqidah Islamiyah tidak hanya sebagai doktrin dan pedoman hidup, tetapi juga merupakan basis teologis bagi pengembangan ilmu, konsep-konsep etika, dan pandangan-pandangan mengenai produktivitas dan profesionalisme.

Kurikulum

Kurikulum Pascasarjana UNIDA Gontor berlandaskan visi, misi, dan tujuan dengan mengacu kepada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), serta Peraturan Menteri No 49 tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi, dimana Beban SKS untuk Program Magister dan Doktor adalah 42 SKS, maka dirancang beban SKS sebagai berikut:

KODE MATAKULIAH SKS SMT
AFI3 – 101 Epsitemologi Islam 4 I
AFI3 – 102 Metafisika Islam 4 I
AFI3 – 103 Metodologi Penelitian Akidah dan Filsafat Islam [Ph.D degree) 4 I
AFI3 – 104 Islamisasi Ilmu Pengetahuan Kontemporer (Teori) 2 I
AFI3 – 105 Tahfidz  2 juz 0 I
Jumlah sks 14
AFI3 – 206 Islamisasi Ilmu Pengetahuan Kontemporer (Aplikasi) 3 II
AFI3 – 207 Pembaharuan Kalam dan Filsafat Islam 2 II
AFI3 – 208 Publikasi jurnal internasional / Seminar Internasional 2 II
AFI3 – 209 Akidah dan Filsafat Islam Modern 5 II
AFI3 – 210 Tahfidz  2 juz 0 II
AFI3 – 211 Reading Text 0 II
Jumlah sks 12
AFI3 – 312 Tahfidz  2 juz 0 III
AFI3 – 313 TOEFL 0 III
AFI3 – 314 TOAFL 0 III
AFI3 – 315 Disertasi 16 III
Jumlah sks 16
TOTAL SKS 42

 Tenaga Pengajar

  1. Prof. Dr. Amal Fathullah Zarkasyi, M.A
  2. Prof. Dr. Imam Mukhlas, M.A
  3. Prof. Dr. Shohirin Sholeh, M.A
  4. Prof. Dr. H.M. Roem Rowi, MA
  5. Prof. Dr. Imam Suprayogo, M.A
  6. Prof. Dr. Mudjia Raharjo, M.A
  7. Prof. Dr. Alparslan Acikgenc
  8. Prof. Dr. Wan Mohd Nor Wan Daud
  9. Prof. Dr. Mohd Kamal Hassan
  10. Prof. Dr. Hasan M. Kholifah
  11. Prof. Dr. Cemil Akdogan
  12. Prof. Dr. Faris Kaya
  13. Dr. Hamid Fahmy Zarkasyi, MA.,M,Phil
  14. Dr. Nur Hadi Ihsan, MIRKH
  15. Dr. Muhammad Kholid Muslih, MA
  16. Dr. Syamsuddin Arif, M.A
  17. Dr. Sujiat Zubaidi Saleh, M.Ag
  18. Dr. Mohammad Muslih, MA.