HIKMAH IDUL ADHA DIBALIK PANDEMI COVID-19

hikmah covid-19
31 Juli 2020

GONTOR – PASCA HES NEWS- Ada yang berbeda dengan pergelaran perayaan Sholat dan Khutba Idul Adha 1441/2020 tahun ini, dimana pada tahun ini perayaan Sholat dan Khutbah Idul Adha berbarengan dengan terjadinya musibah global, yaitu Pandemi Covid-19. Kegiatan ini dilaksanakan pada Jum’at, 31 Juli 2020 yang bertepatan dengan 10 Dzulhijjah 1441 H di Masjid Jami’ Universitas Darussalam Gontor. Meski Sholat dan Khutbah Idul Adha tetap dilaksanakan, namun dalam pelaksanaannya tetap berpandukan kepada aturan Protocol Kesehatan Covid-19, seperti; menjaga jarak shof shalat, memakai masker, tangan disemprot handsanitizer, membawa alat sholat masing-masing, dan sebagainya.

Adapun pada tahun ini, tampil menjadi Imam ialah al-Ustadz Syamsul Hadi Untung, M.A., M.Ls. dan bertugas menjadi khatib ialah salah satu dosen tetap Prorgram Magister HES UNIDA Gontor, yaitu al-Ustadz Dr. Setiawan bin Lahuri, M.A. dengan tema khutbah “Hikmah dibalik Pandemi”

Dalam khutbahnya, Ustadz Setiawan menyampaikan, “Pandemi Covid-19 merupakan wujud kasih sayang Allah Subhanahu wa Ta`aalaa kepada orang-orang yang beriman. Kemudian, sebagai orang beriman, kita harus mampu mengambil hikmah dari setiap kejadian yang berlaku di bumi, tak terkecuali Pandemi Covid-19 ini. Karena pada hakikatnya, gerak dan diam yang terjadi di muka bumi ini tak akan terjadi kecuali atas kehendak Allah SWT. Dengan adanya hikmah qurban, yang secara Bahasa bermakna “dekat”, maka perayaan Idul Adha di tengah Pandemi Covid-19 ini menjadi momentum bagi kita semua untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT”, tuturnya.

Ketka dihubungi oleh Tim Humas Pasca HES UNIDA Gontor setelah perayaan sholat dan khutbah Idul Adha, Dr. Syamsuri, M.Sh, Kaprodi Magister HES UNIDA Gontor berpesan, “Perayaan Idul Adha di tengah Pandemi Covid-19 ini mengajarkan kita sebuah makna, bahwa meski musibah tengah melanda, akan tetapi harapan dan kebahagiaan jangan sampai hilang dari hati kita sebagai orang beriman. Karena harapan dan kebahagiaanlah yang menguatkan langkah kita bahwa kita dengan kasih sayang Allah akan mampu melalui ini semua”, pungkasnya.

Kemudian, kegiatan Hari Raya dilanjutkan dengan sesi pemotongan hewan qurban. Tahun ini, UNIDA Gontor menerima hewan qurban berupa 10 ekor sapi dan 26 ekor kambing. Pemotongan dan pengolahan hewan qurban bertempat di area parkir sebelah barat Gedung Terpadu. Daging qurban ini didistribusikan oleh panitia dan dibantu oleh Mahasiswa Pasca HES UNIDA Gontor untuk seluruh keluarga besar UNIDA Gontor. Mulai dari dosen, mahasiswa, serta TPA-TPA dan SD-SD yang berada dibawah binaan UNIDA Gontor. (Hanief)