Hukum Ekonomi Syariah

Latar Belakang
Sebagai bagian dari jihad ekonomi, serta sebagai bentuk respon dan tanggung jawab perguruan tinggi terhadap perkembangan kelembagaan maupun bentuk keragaman usaha bisnis di Indonesia, maka Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor mendirikan Program Studi Magister Hukum Ekonomi Syari’ah. Maraknya pelaksanaan bisnis secara syari’ah yang tidak lepas dari kompleksitas masalah baru, menggugah Program pascasarjana UNIDA Gontor untuk turut berperan menjadi role model dalam menghasilkan tenaga professional, arbiter, drafter kontrak dengan kualitas lulusan yang mampu menyelesaikan fenomena persengketaan kontemporer dengan menerapkan nilai-nilai Islam secara komprehensif.

Prodi ini diselenggarakan berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam (Dirjen Pendis) Kementerian Agama Republik Indonesia Nomor: 2343 tahun 2017, dan saat ini sedang dalam proses akreditasi BAN PT. Gelar: Magister Hukum (M.H.)

VISI
Menjadi pusat keunggulan (Centre of Excellence) pengkajian ekonomi Syari’ah berbasis Islamisasi ilmu kontemporer bagi pengembangan hukum ekonomi Syari’ah di tingkat Internasional pada tahun 2030.

MISI
Sedangkan misi program studi Pascasarjana Hukum Ekonomi Syariah yaitu:

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan perkuliahan dalam bidang hukum ekonomi yang mengintegrasikan keilmuan dan keislaman
  2. Mengembangkan penelitian dan kajian ilmiah berbasis pengembangan keilmuan hukum ekonomi syariah sekaligus menjadi solusi permasalahan hukum ekonomi kontemporer yang bermanfaat bagi umat manusia.
  3. Menyelenggarakan program-program pengembangan hukum ekonomi syari’ah sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat secara konsisten yang diarahkan untuk membangun tatanan kehidupan yang adil dan makmur.
  4. Menyelenggarakan kerjasama dalam pengembangan hukum ekonomi syariah baik dalam skala lokal, nasional maupun internasional.

Profil Lulusan
Program Magister Hukum Ekonomi Syari’ah di UNIDA Gontor memiliki profil lulusan yang ingin dibangun dengan kualifikasi sebagai berikut:

  • Memiliki kerangka berpikir epistemologis metodologis dan mengebangkannya dalam aktivitas keilmuan, pengkajian, penelitian dan pengajaran sesuai bidang ilmu hukum ekonomi Syari’ah yang berbasis pada Islamic worldview, sebagai wujud keahlian, kemampuan dan kompetensi keilmuannya.
  • Memiliki wawasan keilmuan yang komprehenshif dari sisi pemikiran, filsafat dan aplikasi hukum ekonomi Syari’ah pada masa kini, sehingga meghasilkan lulusan yang profesional dalam bidang hukum ekonomi Syari’ah secara holistik.
  • Memiliki kompetensi yang mumpuni di bidang hukum ekonomi Syari’ah yang berbasis pada integrasi keilmuan yaitu penguasaan materi hukum positif dan fiqh muamalah
  • Memiliki kepekaan sosial, yang dengannya, terus terlibat aktif dalam pengembangan masyarakat dan menyelesaikan problem sosio-ekonomi umat.

Kurikulum
Kurikulum pembelajaran dirancang secara integratif, yang memadukan pendekatan sosio historis melalui telaah kitab-kitab thurats, konsep atau teori modern-kontemporer, termasuk telaah kritis terhadap kasus empiris-praktis dengan berpegang pada etika akademik.

Adapun mata kuliah utama dalam program ini antara lain:

  1. Fikih Hukum Ekonomi Syari’ah
  2. Tafsir Ayat dan Hadits Ekonomi
  3. Filsafat Hukum Ekonomi Syari’ah
  4. Kajian Fatwa Hukum Ekonomi Syari’ah (Kajian Literatur Kitab)
  5. Maqasid Syari’ah dan Hukum Ekonomi Syari’ah
  6. Pengembangan Aplikasi Akad-Akad Keuangan Syari’ah
  7. Hukum Perbankan Syari’ah
  8. Hukum Asuransi Syari’ah
  9. Hukum Zakat dan Wakaf
  10. Hukum Pasar Modal Syari’ah
  11. Arbitrase dan Penyelesaian Sengketa Syari’ah
  12. Halal Produk Bisnis Syari’ah
  13. Legal Drafting Keungan Syari’ah

DOSEN

  1. Prof. Dr. Muhammad, M.Ag.
    Perbankan Syariah
  2. Prof. Dr. Syamsul Anwar, M.Ag.
    Pengembangan dan aplikasi akad-akad keuangan syari’ah
  3. Dr. Djamaluddin Yulizar Sanrego, M.Ec.
    Legal Drafting Keuangan Syariah
  4. Dr. Setiawan bin Lahuri, M.A
    Filsafat hukum ekonomi syari’ah dan Kajian Fatwa (Kajian Kitab Turath)
  5. Dr. Ir. Muhammad Ridho, M.M
    Halal produk bisnis syariah
  6. Dr. Mohammad Ghazali, M.A
    Hukum Zakat dan wakaf
    Mawarits
  7. Dr. Syamsuri, M.Sh
    Sejarah pemikiran Ekonomi Islam dan Ekonomi pembangunan Islam
    Etika bisnis Islam
  8. Dr. Mulyono Jamal, M.A
    Fiqh Ekonomi
    Ushul Fiqh dan Kaidan-kaidahnya
  9. Dr. Wahyudi Bakri, M.A, LL.M
    Hukum asuransi syari’ah
  10. Dr. Imam Kamaluddin, M.Hum
    Maqasyid Syari’ah dan Hukum Ekonomi Syari’ah
  11. Dr. Hartomi Maulana, M.Sc
    Manajemen SDM dan Enterpreneur Islam