Laman Pascasarjana Membuat Inovasi Baru dalam Penerbitan Tulisan

laman pascasarjana

September baru saja berlalu. Hari ini kita masuk bulan baru. Pada bulan ini laman Program Pascasarjana UNIDA membuat inovasi baru. Akan ada perubahan dalam mekanisme penerbitan tulisan.

Pada bulan-bulan sebelumnya, setiap tulisan diterbitkan secara harian berdasarkan tulisan yang masuk ke redaksi Pascasarjana. Tulisan yang dikirimkan akan direview untuk kemudian diterbitkan pada hari yang sama atau keesokan harinya. Dengan cara ini jadwal terbit tulisan menjadi tidak menentu.

Disamping itu, jika mengikuti pola tersebut tema tulisan juga tidak teratur. Dalam satu hari dapat diterbitkan dua atau tiga artikel dengan tema berbeda. Pembaca dan pengunjung website tidak memiliki preferensi pilihan artikel atau hari untuk berkunjung ke laman Pascasarjana.

Artikel di Laman Pascasarjana Terbit sesuai Rubrik Harian

Tim penulis situs Pascasarjana membuat inovasi untuk mengatur jadwal terbit tulisan. Dalam diskusi terbatas tim website Pascasarjana pada pertengahan bulan lalu memutuskan untuk membuat jadwal terbitan sesuai tema tulisan. Tema tulisan mencakup tema linguistik, bahasa Arab, pemikiran, filsafat, aqidah, ekonomi, mu’amalah, hukum/syari’ah, sains dan tema umum. Tulisan-tulisan yang masuk ke redaksi akan disimpan sesuai tema. Tulisan-tulisan yang terkumpul selanjutnya akan diterbitkan secara berkala sesuai jadwal.

Jadwal terbit artikel akan disesuaikan dengan tema dalam rubrik harian. Akan ada setidaknya empat rubrik yang terbit dalam satu pekan. Keempat rubrik itu adalah rubrik PBA terbit pada hari Sabtu. Selanjutnya rubrik AFI akan terbit pada hari Senin. Rubrik HES terbit pada hari Rabu. Dan terakhir rubrik umum akan terbit pada hari Kamis.

Baca juga: Hadapi Akreditasi Tahun Mendatang, Program Magister PBA Adakan Pertemuan Perdana Tim Akreditasi

Rubrik PBA akan mencakup tema bahasa Arab dan linguistik atau bahasa secara umum. Dan untuk rubrik AFI akan berisi tulisan bertema pemikiran, filsafat dan aqidah. Adapun rubrik HES akan meliputi tema ekonomi, mu’amalah dan hukum/syari’ah. Sedangkan yang termasuk dalam rubrik umum adalah tema sains dan tema-tema diluar tema yang tercakup dalam tiga rubrik lainnya.

Pengelompokan ini bertujuan untuk mempermudah pembaca dan pengunjung laman Pascasarjana untuk menentukan jadwal berkunjung harian atau pekanan. Pembaca dapat memilih salah satu hari sesuai dengan tema yang diminati. Pengunjung bisa datang pada hari yang telah menjadi jadwal kunjungan rutinnya dalam satu pekan dan menikmati artikel dengan tema yang disukai.

Berita Pascasarjana Terbit Sesuai Acara

Selain memuat artikel-artikel dengan tema-tema diatas, laman Pascasarjana juga menerbitkan berita. Berita yang diterbitkan berkisar tentang acara dan kegiatan Universitas Darussalam Gontor baik yang diselenggarakan oleh Universitas, Program Pascasarjana atau Program Strata Satu. Berita-berita yang akan terbit juga meliputi kegiatan UNIDA kampus Putri dan kegiatan Pondok Modern Darussalam Gontor secara umum.

Jadwal terbit berita akan mengikuti jadwal kegiatan dan acara di tiap-tiap lokasi. Berita akan terbit paling lambat sehari setelah acara. Berita dapat terbit setiap hari dan bisa lebih dari satu berita dalam satu hari bergantung kepada acara yang diselenggarakan.[Atqiya]

Lainnya dari Pps:

Film Islami itu Islami? Dilema Film Religi, Tantangan bagi Sineas Muslim

Sila Kelima Perspektif Maqashid Syari’ah dan Pemindahan Ibukota

Dromologi, Apa itu? Teori Postmodern tentang Budaya Ketergesa-gesaan