Kajian Rutin oleh Dosen Magister Hukum Ekonomi Syariah di Masjid Al-Falah Gadang, Malang

PPs UNIDA Gontor – “Terkait kepemilikan barang atau harta, setiap manusia memiliki hak, hak milik atas sesuatu dimiliki oleh setiap individu. Masing-masing memiliki hak yang tidak boleh diambil, dirampas atau didzolimi oleh orang lain. Akan tetapi, meskipun memiliki kewenangan atas sesuatu tersebut dan berwenang untuk memanfaatkannya sesuai dengan keinginan, hak kepemilikan ini memiliki batasan sebagaimana harta yang dimiliki seseorang”

Harta adalah sebuah titipan dari Allah. Atas kehendak-Nya kepemilikan tersebut dapat hilang bahkan bertambah kemanfaatannya.

Firman Allah SWT dalam Surat Al-Baqarah ayat 284,

لِلَّهِ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ ۗ ….

“Kepunyaan Allah-lah segala apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi.”

Itulah salah satu penggalan isi ceramah Dosen Magister Hukum Ekonomi Syariah UNIDA Gontor Dr. Mohammad Ghozali, M.A., dalam acara kajian rutinnya di masjid Al-Falah Gadang, Jl. Raya Gadang 234 Malang (Kamis, 28 Maret 2019).

Pria kelahiran Ponorogo, 03 September 1968 menjelaskan manusia sebagai pemegang amanah atas apa yang dimilikinya diberi tugas untuk mengelola alam semesta ini yang bertujuan untuk menjalankan perintah Allah SWT. Semua yang diamanahkan ini akan dipertanggungjawabkan kepada Allah SWT. Paparnya.

Lanjut penulis buku “Pandangan Ulama Madzhab” ini menjelaskan yang berupa harta ada yang bersifat wujud dan tidak wujud. Rezeki merupakan salah satunya, dan hal ini merupakan sesuatu yang tidak pernah lepas dari kita. Allah sudah mengatur, namun untuk memperoleh suatu hak, manusia harus berusaha. Dan dalam usahanya tersebut tidak boleh dengan menghalalkan segala cara untuk memperoleh suatu tujuan. Usaha yang dilakukan harus sesuai dengan syariat Islam karena manusia terikat dengan hukum Allah. Sungguh, Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.

Acara yang bertemakan “Kajian Mu’amalah Ekonomi Syari’ah, Saatnya Kita Check Halal Haram Harta Kita” ini dihadiri masyarakat sekitar Malang raya dan juga dapat di lihat melalui live streaming facebook dengan link sebagai berikut https://www.facebook.com/masjid.alfalahgadang.7/.

Ustadz Ghozali, sapaan akrabnya menjadi pemateri tetap dalam acara yang diselenggarakan oleh devisi kegiatan dan kajian Masjid Al Falah Gadang secara rutian setiap hari kamis pekan ke 2 dan ke 4. Kegiatan ini bermottokan “Mari jemput Pahala yang berlipat ganda dengan mendatangi majelis majelis syurga”. [Yunita W.]

Berita terkait: