Kembangkan Prodi AFI Pascasarjana, Dosen AFI lakukan rapat evaluasi

Rapat

Oleh, Syamsul Badi

Selasa pagi (21/07/2020), Progam Studi Akidah dan Filsafat Islam (AFI) melaksanakan rapat bulanan dosen perdana  di gedung pascasarjana ruang 103. Dimulai dari pukul 10.00 WIB hingga setelah dzuhur, perkumpulan berjalan dengan lancar. Dr. Kholid Muslih, M.A selaku kaprodi AFI mengundang beberapa dosen AFI tetap untuk mendiskusikan beberapa progam kedepan demi kemajuan prodi AFI, dosen serta mahasiswanya.

Dalam rapat ini, pembahasan dimulai dari judul-judul tesis yang diajukan oleh lima mahasiswa semester 5 yang juga datang dalam perkumpulan. Mereka adalah Muhammad Djaya Aji Bima Sakti, Iqbal Maulana Alfiansyah, Rita Asfuriah, Halimah Nisrina, dan Muhammad Fawwas Rizaka. Dibawah pimpinan Dr. Hamid Fahmi Zarkasyi, M.A., M.Phil, judul-judul mereka dipertanyakan dan didiskusikan keabsahannya. Sampai pada akhirnya, tiga diantaranya telah disetujui dan diharapkan untuk segera berkonsultasi dalam penyusunan proposal dan kualifikasi untuk maju ke sidang MPA.

Selanjutnya, membahas masalah mahasiswa-mahasiswa lama yang masih menjalankan proges penulisan tesis. Terdapat 15 mahasiswa yang menjadi sorotan, 11 diantaranya telah melakukan her-registrasi dan dinyatakan aktif sebagai mahasiswa, akan tetapi harus melakukan re-nim. Sedangkan 5 mahasiswa yang lainnya, tidak melakukan her-registrasi, sehingga sesuai kesepakatan dosen akan diberi kesempatan untuk melakukan her-registrasi di semester yang akan datang. Jika tidak melakukan re-nim ataupun her-registrasi, mahasiswa tersebut akan dinyatakan telah mengundurkan diri.

Setelah itu, pembahasan beralih pada pengesahan dokumen kurikulum Outcame Based Education (OBE). Penyusunan OBE diperlukan oleh setiap dosen, agar mengetahui apa saja hasil dan capaian yang harus diraih selama dan setelah perkuliahan bahkan setelah mahasiswa menjadi alumni. Sebagaimana visi dari Prodi ini adalah meningkatan sumber daya manusia yang menguasai ilmu Aqidah dan Filsafat Islam serta mampu mengintegrasikan dan mengislamisasikan ilmu pengetahuan kontemporer untuk kemajuan peradaban Islam, sehingga prodi ini haruslah Menghasilkan Magister yang dapat menjadi Dosen, Peneliti, Ulama’, Cendikiawan dengan karakter yang menguasai khazanah keilmuan dalam Islam.