Kesan Tamu, Prof. Martin van Bruissen tentang Gontor dan Unida

Kesan Tamu Gontor

UNIDA Gontor – Gontor selalu memberi kesan yang mendalam bagi siapa saja yang datang berkunjung. Baik itu tamu, wali santri, calon wali santri atau para santri baru. Banyak kesan baik yang membekas dan terkenang oleh para tamu yang berkunjung ke Gontor.

Kesan yang dirasakan pun beragam. Ada yang tekesan dengan cara Gontor menyambut tamu. Keramahan tuan rumah atau kemeriahan penyambutan yang diberikan oleh Gontor. Juga ada yang terkesan dengan kehidupan santri dan pondok secara umum. Lainnya terkesan dengan sistem pendidikan Gontor.

Seperti kesan yang disampaikan oleh Duta Besar Inggris untuk Indenesia Moazzam Malik dalam acara perpisahan sebelum kembali ke Inggris dan melepas jabatannya. “Pembahasan tentang Gontor menjadi salah satu poin yang disampikan beliau dalam acara tersebut,” jelas uztadz Taufiq Affandi di masjid jami’ Unida pada Rabu malam lalu.

Baca juga: Rektor IIUM Beribicara Tentang Kesan Terhadap Gontor

Berbagai kesan ini menunjukan bahwa di Gontor terdapat sisi-sisi positif. Sisi positif ini juga dilihat oleh Prof. Marin van Bruissen, seorang antropolog dari Belanda. Pada kunjungannya yang pertama kali, Sabtu 17 Agustus 2019, Prof. Martin mendapat kesan yang baik, menurutnya Gontor dan Unida Gontor adalah kampus yang menanamkan nilai-nilai moral yang positif bagi siswanya. “Dan saya sangat terkagum dengan kampus yang menanmkan nilai-nilai moral yang positif kepada siswanya”, tulisnya dalam buku tamu Unida Gontor.

Prof. Martin senang dapat berkunjung ke Gontor dan Unida. Sebelumnya dia telah banyak membaca tentang Gontor dan bertemu dengan alumniya. Dia menulis: “Setalah sudah banyak mendengar dan membaca tentnag Gontor, dan berkenalan dengan banyak alumni Gontor. Akhirnya saya sempat mengunjungi pondok universitas hebat ini”.

Prof. Martin Berfoto Bersama Mahasiswa Pascasarjana

Guru besar dalam kajian tentang Kurdi yang fasih berbahasa Indonesia dan Turki ini juga mengucapkan terimakasih kepada Prof. Amal dan Dr. Hamid yang telah menyambutnya dengan baik. Prof. Martin mengisi seminar tentang “Islam, Nationalism, Transnationalism: Controversies Around Islam Nusantara and NKRI Bersyariah”. Pagi sebelum seminar berlangsung, Professor dari Universitas Utrecht Belanda ini mengikuti upacara peringatan kemerdekaan RI di Unida Gontor.[Atqiya]

 

Lainnya dari Pps Unida:

Mahsiswa Pascasarjana Mengikuti Ujian Komprehensif Bahasa Arab

Hadiah Khusus Dr. Hidayatullah kepada Mahasiswi IZU

Bi`ah Lughawiyah, Faktor Peningkatan Bahasa Arab Mahasiswi IZU Turki

Puisi Pascasarjana: Penampilan Perdana Teras Peradaban