Kunjungan Prof. Martin, Pps Unida Kembali Menjadi EO

Kunjungan Prof. Martin

UNIDA Gontor – Program Pascasarjana (Pps) Unida Gontor kembali mendapat amanah sebagai panitia untuk acara visting professor di Unida Gontor. Sebelumnya, pada bulan Juli Pps Unida Gontor menjadi panitia untuk kunjungan Prof. Abdurrahman Abdurrahman an-Naqib dari Universitas Manshura Mesir selama sepekan lebih.

Kali ini Pps akan menjadi Event Organizer (EO) untuk kunjungan Prof. Martin van Bruinessen, seorang antropolog berkebangsaan Belanda. “Kamis pagi, 15 Agustus kemarin tim penjemputan berangkat ke Jogja untuk menjemput Prof. Martin. Rombongan akan bergerak menuju Unida sekitar jam 3 sore dan diperkirakan akan sampai pada pukul 7 malam”, terang Ikhlasul Amal, ketua pelaksana acara.

Amal menjelaskan bahwa Prof. Martin direncanakan akan berada di Unida sampai hari Ahad. Pada hari Jum’at kemarin beliau beserta Prof. Amal Fathullah rektor Unida dan  Dr. Hamid wakil rektor 1 Unida bersilaturahim dengan bapak pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor, KH. Hasan Abdullah Sahal di kantor pimpinan. “kalau seminarnya nanti hari Sabtu di hall CIOS jam 9.30”, tambahnya.

Baca juga: Epistemologi Ilmu Pengetahuan dan Relevansinya dalam Studi Al-Qur’an

 Prof. Martin adalah Guru Besar dalam bidang Studi Kurdi di Universitas Utrecht Belanda. Disamping itu beliau juga melakukan penelitian tentang Indonesia. Karena itu pada Sabtu pagi kuliah umum bersama Prof. Martin akan mengambil tema “Islam, Nationalism, Transnationalism: Controversies Around Islam Nusantara and NKRI Bersyariah”.

Kepakarannya tentang Kurdi membuatnya mampu berkomunikasi dengan bahasa Turki. Karena etnis Kurdi mencakup wilayah Turki, Irak dan Iran. Pada Jum’at malam Prof. Martin makan malam bersama mahasiswi IZU Turki yang sedang mengikuti program bahasa Arab. Ahmad Abdurrafi’i, staff sekretaris rektor menjelaskan bahwa Prof. Martin berbicara dalam bahasa Turki saat bercakap-cakap dengan mahasiswi IZU. “Jadi susah mengerti isi pemibicaraanya”, jelasnya saat dimintai keterangan mengenai isi pembicaraan Prof. Martin dan mahasiswi IZU.

Alfi Mamduh, panitai seksi acara, menjelaskan bahwa kuliah umum nanti akan dihadiri mahsiswa dan mahasiswi Program Pascasarjana. Acara ini akan dimoderatori oleh ustadz Harda Armayanto salah satu dosen fakultas Ushuluddin. “pagi ini mahasiswi putri juga akan ikut acara”, ujar Mulatzim Addin, salah satu panitai, menambahkan penjelasan.[Atqiya’]

Lainnya dari Pps Unida:

Mahsiswa Pascasarjana Mengikuti Ujian Komprehensif Bahasa Arab

Hadiah Khusus Dr. Hidayatullah kepada Mahasiswi IZU

Khot, Media untuk Menumbuhkan Ruh Tasabuq mahasiswi IZU Turki

A Joint Forum Indonesia-Turkey: Wadah Diskusi Mahasiswa HI dan IZU