Membicarakan Waktu: Apakah Waktu Itu?

Apa Itu Waktu?

Oleh: Khairul Atqiya

Apakah waktu itu?

Bisakah kalian memberikan deskripsi yang sederhana tentang waktu?

Atau jika diminta untuk menggambar waktu, apa yang akan kalian gambar?

Lumayan sulit, kan?

Lumayan sulit memang jika diminta untuk memberi penjelasan tentang waktu. Mengartikan waktu sebagai ukuran mungkin bisa menjadi salah satu penjelasan sederhana tentang waktu. Ukuran durasi dan zaman (masa), bukan jarak atau berat. Akan aneh jika seseorang menjawab;

“Aku lahir seribu empat ratus kilometer yang lalu” atau

“Aku lahir seratus lima puluh gram yang lalu”.

Yang menjawab seperti itu mungkin akan dianggap aneh atau bahkan gila jika menjawab seperti itu. Karena meter dan gram bukanlah ukuran dan satuan waktu.

Baik, jika waktu adalah ukuran, bagaimana cara mengukurnya?

Sebagai contoh, kalian bisa mengukur waktu dengan detik, menit, jam, hari, minggu dan seterusnya. Jika kalian berjalan selama satu hari dari kaki gunung dan sampai di puncaknya, maka waktu tempuh kalian adalah satu hari. Tapi dalam hal ini kalian tidak menggambarkan waktu secara mandiri, kalian menggambarkan waktu berbanding jarak (waktu tempuh; dari kaki gunung sampai puncaknya).

Menggambarkan satu hari mungkin bisa dengan siang dan malam. Sepasang siang dan malam adalah akibat dari perputaran bumi pada porosnya. Dengan itu dapat dikatakan bahwa satu hari sama dengan perputaran bumi pada porosnya secara penuh.

Dari dua perbandingan ini kita bisa menggambarkan satu hari sebagai waktu tempuh dari kaki gunung sampai puncaknya (ini jelas tidak tetap karena satu gunung dengan gunung lain berbeda tingginya). Atau satu hari sama dengan siang dan malam atau sama dengan waktu yang dibutuhkan bumi untuk berputar pada porosnya secara penuh. Dan tetap saja penggambaran waktu seperti ini tidak mandiri, kalian masih menggambarkan waktu dengan perbandingan yang lain, yaitu jarak. Karena perputaran bumi pada porosnya adalah jarak yang ditempuh satu titik di bumi untuk berputar dan kembali pada titik awal perputaran itu.

Baca juga: Epistemologi Ilmu Pengetahuan dan Relevansinya dalam Studi Al-Qur’an

Apakah benar penggambaran waktu seperti itu?

Dapatkah waktu dijelaskan tanpa perbandingan?

Apakah waktu secara mandiri (tanpa hubungan dengan apapun)?

Ataukah waktu memang tidak ada dan hanya perbandingan jarak dari satu titik ke titik lainnya saja?

Jika satu hari adalah jarak kaki gunung sampai puncak, bagaimana jika gunung yang didaki berbeda, Atau yang mendaki memiliki ukuran badan dan kekuatan fisik berbeda, apakah hasilnya akan tetap sama?

Atau jika satu hari sama dengan perputaran bumi pada porosnya secara penuh, bagaimana jika kita keluar Bumi atau pindah ke Pluto, apakah satu hari masih sama? Apakah perputaran penuh Bumi pada porosnya sama dengan perputaran penuh Pluto pada porosnya?

Jadi apakah satu hari itu?

Baik mungkin kita bisa menggunakan ukuran yang paling lumrah di Bumi, yaitu jam, menit atau detik. Satu hari sama dengan 24 jam atau 1.440 menit atau 86.400 detik.

Tapi tunggu, apa itu jam, menit dan detik?

Satu hari sama dengan dua puluh empat jam. Satu jam sama dengan enam puluh menit. Satu menit sama dengan enam puluh detik. Lalu satu detik sama dengan? Mungkin ada nano detik dan apapun yang mungkin dijadikan nama untuk ukuran yang lebih kecil dari itu. Tapi apakah ada ujungnya? Dan bagaimana mengukurnya? Sedangkan satu detik itu saja, apa artinya?

Kenapa satu menit sama dengan enam puluh detik dan bukan seratus detik?

Apa itu detik?

Bagaimana waktu di luar bumi?

Atau tepatnya, adakah waktu di luar bumi?

Jika ada, samakah waktu di Bumi dan di luar Bumi?

Atau kita hanya menggunakan waktu Bumi untuk semua tempat di alam semesta?

 

Lalu…….

Apakah waktu itu? Bagaimana Islam memandang waktu?

Kita lanjutkan diskusi ini di lain waktu. Atau ada yang berkenan untuk menjelaskan? 

Kami menanti tulisan dari kawan-kawan pascasarjana atau dosen dan mahasiswa UNIDA Gontor secara umum. Tulisan bisa meliputi beragam topik.

Kirimkan naskah ke email pascasarjana di pascasarjana@unida.gontor.ac.id