Mengenal Kompetensi-Kompetensi dalam Kurikulum

Kompetensi dalam Kurikulum

Oleh: Zulkifli Hayad

Ada banyak cara memahami  macam-macam kompetensi dalam kurikulum termasuk dengan mengetahui salah satu komponen inti dalam kurikulum itu sendiri yakni komponen tujuan. Kurikulum sebagai rancangan proses pembelajaran memiliki empat bentuk tujuan yang bersifat heararki dan terusun vertikal sebagai berikut:

  1. Tujuan Nasional
  2. Tujuan Institusional
  3. Tujuan Kurikuler
  4. Tujuan Instruksional

Tujuan Nasional, adalah tujuan yang ditetapkan pemerintah suatu negara kepada seluruh peserta didik bagi seluruh masyarakatnya melalui pendidikan formal, informal, atau non-formal. Tujuan ini juga berasaskan pandangan ideologi atau filsafat suatu negara. Jika negara tersebut berasaskan filsafat materialisme, maka tujuan tersebut akan dibuat guna mencapai tujuan-tujuan dari filsafat materialisme.

Tujuan Instutisional, adalah tujuan yang dirancang oleh lembaga pelaksana pendidikan pada jenis tertentu atau jenjang tertentu. Pada sekolah SMA memiliki tujuan istitusi yang berbeda dengan sekolah SMK. Bukan hanya itu, bahkan pada berbagai jenis sekolah yang sama seperti SMA tidak jarang ditemukan tujuan instittusional yang berbeda, begitupula pada sekolah lain seperti SD, SDN, Mi, MIN, SMP, SMPN, SMA, SMAN, Pondok pesantren dll. Oleh karenya, luaran atau lulusan tiap sekolah memiliki karakter dan ciri khasnya tersendiri.

Tujuan Kurikuler, adalah tujuan yang ingin dicapai pendidik terhadap peserta didiknya setelah menyelesaikan  pembelajaran pada suatu bidang studi. Tujuan tersebut dalam pengembangan kurikulum sering diberikan istilah Standar Kompetensi (SK) dan pada kurikulum K13 memiliki istilah Kompetensi Inti (KI).

Sedangkan Tujuan Intruksional adalah tujuan atau kompetensi yang diharapkan mampu dipenuhi peserta didik setelah mengikuti proses pembelajaran pada tema atau topik tertentu. Tujuan Instruksional sendiri dibagi menjadi dua macam yaitu Tujuan Instruksional Umum (TIU) dan Tujuan Instruksional Khusus (TIK). Dalam istilah lain TIU sering disebut sebagi kompetensi dasar (KD) dan TIK sering disebut sebagai indikator.