Monday Night Discussion, Diskusi Islamisasi dan Worldview Islam

Diskusi Islamisasi
Anisa Rosdiana Zein

Tidak Hanya Mahasiswi Aqidah Filsafat, Mahasiswi Pascasarjana Hukum Ekonomi Syariah Aktif Berdiskusi mengenai Islamisasi dan Worldview Islam

Menjadi seorang mahasiswi tidak hanya belajar dan membaca teori. Monday Night Discussion menjadi salah satu sarana bagi mahasiswi Pascasarjana dalam menyalurkan dan mendalami ilmu yang kemudian  dipresentasikan pada Friday Night Lecturer (FNL) materi yang disampaikan pada kegiatan FNL tersebut  digunakan sebagai bahan diskusi bersama mahasiswi UNIDA Putri Strata Sarjana dengan berbagai macam tema pembahasan khususnya mengenai Islamisasi Ilmu.

Monday Night Discussion atau yang lebih dikenal dengan MND merupakan kegiatan rutin mingguan oleh mahasiswi Pascasarjana bersama Mahasiswi UNIDA Putri. kegiatan ini termasuk dalam rentetan kegiatan dalam pembinaan dan peningkatan intelektual mahasiswi ibawah naungan Markaz Islamisasi UNIDA. Diskusi ini merupakan kegiatan rutin yang diadakan setiap minggunya, khususnya pada hari Senin. Kegiatan dimulai pada pukul 20.00- 21.00 WIB yang bertempat di spot-spot diskusi kampus UNIDA Putri. Seperti di teras asrama, taman, saung, bahkan rumah baja. Tidak hanya berdiskusi dengan sesama mahasiswi Hukum Ekonomi Syariah, diskusi dilakukan bersama dengan mahasiswi strata satu dari berbagai program studi yang sudah terbagi dalam beberapa kelompok diskusi. Dari kegiatan ini diharapkan mahasiswi tidak hanya mengetahui ilmu secara teoritis saja, melainkan mampu untuk menganalisis dan mengkritisi teori dari sebuah konsep yang sudah dipelajari dan mengintegrasikannya dengan ilmu yang lain.

Kegiatan MND ini diharapkan mampu menumbuhkan sikap saling menghargai pendapat orang lain yang berbeda, mengembangkan daya berfikir mahasiswi, melatih kemampuan berbicara di depan umum, serta menambah wawasan bagi mahasiswi. Materi yang disampaikan berbeda setiap minggunya. Seperti worldview islam untuk mahasiswi semester 1 dan semester 3,  objek ilmu dan sumber ilmu pengetahuan untuk semester 5 dan semester 7. Materi worldview dan islamisasi ilmu pengetahuan dipilih karena sejalan dengan visi Universitas Gontor sebagai pusat pengembaangan Ilmu Pengetahuan yang berorientasi pada Islamisasi ilmu Pengetauan kontemporer.