Monitoring Tesis, Upaya Prodi Magister PBA Pascasarjana Unida Gontor Untuk Menjadi Lebih Baik

Monitoring Tesis Magister PBA

Oleh: Alfi Mar’atul Khasanah

Siman, 21 November 2020, merupakan awal langkah Program Pascasarjana di semester genap ini. Termasuk untuk Program Studi Pendidikan Bahasa Arab. Setelah selesai mengikuti acara pembukaan semester genap dan kuliah umum, program studi ini mengadakan acara evaluasi dan monitoring thesis yang di hadiri oleh jajaran dosen, tenaga kependidikan dan seluruh mahasiswa di prodi ini. Acara ini diadakan pada pukul 13.30 dan bertempatan di laboratorium bahasa, di lantai 3 gedung terpadu Universitas Darussalam Gontor.

Acara ini diawali dengan kalimat yang disampaikan oleh Dr. Abdul Hafidz Zaid, M.A, wakil rektor 3 Universitas Darussalam Gontor yang juga merupakan Kepala Prodi PBA Pasca pertama. Beliau berkisah terkait bagaimana cara beliau bertahan dan berjuang ditanah rantau kala memperjuangkan tesisnya. “Jadikan sesuatu hal itu sebuah batasan yang membuat anda harus selesai mengerjakan tugas anda (tesis) sebelum batas waktu itu tiba”.

Taujihat selanjutnya datang dari Dr. Ikhwan Mahmudi, M.Pd, salah satu dosen yang merupakan Kepala Prodi PBA Pasca setelah Dr. Abdul Hafidz. Beliau berpesan bahwa sejatinya hanya mahasiswalah yang mampu mengatur waktu mereka demi meraih tujuannya. “Setiap orang mempunyai alur waktunya masing-masing, kesibukan masing-masing, tapi pesan saya jangan pernah kalian meninggalkan tesis kalian. Jika kalian sibuk di pagi hari, maka kerjakanlah malam hari, begitupula sebaliknya”. Hal ini berdasarkan beliau kala memperjuangkan tesis dan disertasinya dibalik kesibukannya yang sangat banyak.

Kalimat terakhir, datang dari Dr. Agus Yasin, M.Pd, selaku Kepala Prodi PBA pasca periode sekarang. Layaknya seorang ayah kepada anaknya beliau mengungkapkan bahwa beliau siap untuk membantu mahasiswi demi kelancaran tesisnya. “Saya siap untuk hanya sekedar berbincang bersama mahasiswa untuk mendengarkan keluh kesahnya dalam tesis hingga berdiskusi terkait pembahasannya. Waktu saya untuk kalian, agar kalian mampu menyelesaikan tugas akhir dengan tepat waktu”. Dan untuk merealisasikan hal tersebut, beliau mengangkat tenaga kependidikan baru yang khusus menangani masalah administrasi dan data untuk prodi PBA pasca.

Semoga segala usaha yang telah beliau ijtihadkan menjadi jariyah sholehah dan mampu terbayar dengan senyuman mahasiswa PBA pasca kala mengenakan toga toska dengan 2 garis putihnya.