Pascasarjana Evaluasi SIAKAD Mahasiswa

Perbaikan selalu menjadi perhatian besar Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor terlebih di bidang administrasi dan pendataan. Tak luput dari perhatian adalah database utama Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) yang menjadi perhatian utama dari setiap masalah pendataan setiap mahasiswa pascasarjana. Di awal tahun 2022 ini (1/1), Wakil Direktur Pascasarjana Dr. Jarman Arroisi mengadakan pertemuan tertutup dengan para staf dan operator SIAKAD pusat UNIDA di ruang perpustakaan doktoral 103 Gedung Pascasarjana UNIDA. Salah satu topik utama yang menjadi pembahasan adalah upaya validasi data mahasiswa terkini dengan melancarkan maklumat perbaikan data dengan waktu terbatas.

Pendataan mahasiswa yang valid sangatlah penting karena administrasi yang baik akan mempermudah segala urusan mendatang dari setiap lini yang terlibat dari setiap acara, semisal pra-wisuda, yudisium, dan pengeluaran ijazah. Setiap acara akademik tentu membutuhkan data kredibel, terlebih untuk data mahasiswa nasional yang terpusat di Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDikti). Mengingat jika ada kesalahan di masa mendatang, perbaikan kecil semisal Muhammad/Moh./M./ Muhd tentu tidak bisa dituntaskan dalam waktu singkat dan menguras energi banyak pihak terlibat. Apalagi jika data tersebut dibutuhkan dengan waktu yang terbatas, seperti pendaftaran wisuda maupun syarat sertifikasi. Hal ini akan semakin menyusahkan saat ijasah sudah tercetak dengan data yang salah, sehingga menyulitkan pemilik ijasah dalam sertifikasi maupun administrasi pekerjaan di masa mendatang. Tentunya hal seperti ini tidak diinginkan oleh semua pihak.

Diharapkan dari pertemuan dan koordinasi sedemikian rupa, akan ditemukan solusi dari setiap masalah yang muncul. Sehingga administrasi yang baik ini akan menjadi pendukung agenda besar mewujudkan UNIDA Gontor sebagai universitas Islam yang bermutu dan berarti, sesuai keinginan dan ide dari Trimurti Pendiri Pondok Modern Darussalam Gontor yang tertera di Piagam Wakaf Gontor tahun 1958. Hal ini tentu dimulai dengan Program Pascasarjana mendapatkan predikat Unggul di tahun 2025, menjelang satu abad Pondok Modern Darussalam Gontor.

Amir Hidayatullah

Amir Hidayatullah

Seorang sarjana Islam dari Universitas Darussalam Gontor, alumni KMI Gontor 2014 SMART Generation, dan guru Gontor 2 selama 7 tahun. Pemain musik dan maniak teknologi ini menempuh studi Magister Pascasarjana UNIDA Gontor bidang Aqidah dan Filsafat Islam sejak tahun 2020.
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on email

Artikel Terkait:

TOP