Pelatihan Manajemen Wakaf untuk Peserta Nigeria di UNIDA Gontor

Pelatihan Manajemen Wakaf untuk Peserta Nigeria di UNIDA Gontor

 

Ponorogo –  Pada sabtu 27 Juli 2019 rombongan Komisi Zakat dan Wakaf Sokoto dari Nigeria tiba di UNIDA Gontor kampus pusat. Sebelumnya rombongan tiba di bandara Internasional Adisumarmo Solo pada pukul 19.30 dan langsung berangkat menuju kampus pusat UNIDA Gontor di Ponorogo. Rombongan yang terdiri dari Muhammad Lawal Maidoki, Executive Chairman  Komisi Zakat dan Wakaf Sokoto berserta dua orang lainnya, Muhammad Jabbi Ibrahim dan Abubakar Moyi. Ketiganya datang sebagai peserta pelatihan singkat tentang wakaf di Gontor. Mereka akan berada di UNIDA Gontor sampai senin 29 Juli 2019.

Acara ini bertajuk International Executive Training on Waqf for Sokoto Nigeria. Terdapat tiga materi yang disampaikan kepada ketiga peserta yaitu, Manajemen Wakaf Gontor, Model Sistem Wakaf Gontor dan Wakaf dan Microfinansial: Pengalaman Gontor. Materi ini diberikan oleh dosen-dosen UNIDA Gontor yang bergelut dibidang Ekonomi Islam. Tiap sesi dilakukan selama 75 menit. Diawali dengan penyampaian materi selama 45 menit dan di lanjutkan dengan diskusi tentang topik terkait. Materi pertama disampaikan oleh Al-Ustadz Khoirul Umam, M.Ec. sedangkan materi kedua disampaikan oleh Al-Ustadz Syahruddin, M.Sc.Fin. dan materi terakhir disampaikan oleh Al-Ustadz Taufik Affandi, M.Sc..

Selama di Ponorogo para peserta diajak untuk berkeliling dan melihat kegiatan santri di Pondok Modern Gontor Kampus Pusat. Selain itu mereka juga menlakukan pertemuan dengan rektor UNIDA Gontor, Prof. Dr. Amal Fathullah Zarkasyi, M.A. di ruang rektorat. Selanjutnya para peserta akan mengikuti kegiatan lain di Pondok Modern Tazakka di Pekalongan. Para peserta akan berada di sana selama satu hari dan akan mengunjungi Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus Putri Satu di Mantingan Ngawi keesokan harinya. Rombongan akan bermalam di Pondok Gontor Putri Satu selama satu dua malam dna akan bertolak dari sana menuju Solo untuk penerbangan kembali ke Jakarta.

Berita Lainnya:

Kuliah Pascasarjana Unida Bersama Direktur IESH Paris

Hadapi Akreditasi Tahun Mendatang, Program Magister PBA Adakan Pertemuan Perdana Tim Akreditasi