Pembukaan Tahun Ajaran Baru dan Pelantikan Pengurus DEMA

Oleh, Ahmad Al-Aspany

Awal tahun ajaran baru merupakan awal dimulainya kembali kegiatan belajar mengajar bagi sekolah, pesantren ataupun perguruan tinggi. Begitu pula yang terjadi disebuah perguruan tinggi yang ada di Kabupaten Ponorogo, tepatnya di Desa Siman, yaitu Universitas Darussalama Gontor. Tepat pada hari kamis, 25 juni 2020 M/03 Dzulqa’dah 1441 H Program Pascasarjana Universitas Darussalam Gontor mengadakan pembukaan tahun ajaran baru yang dilaksanakan di aula CIOS. Pembukaan tahun ajaran baru ini berbeda dengan pembukaan tahun ajaran baru sebelumnya, karena tahun ini Indonesia sedang menghadapi wabah covid-19. Oleh karena itu, pembukaan tahun ajaran baru tahun ini hanya dihadiri secara langsung oleh Dosen, mahasiswa dan mahasiswi yang berada di Siman, sedangkan yang berada di Mantingan hanya bisa menyaksikan lewat zoom meeting.

Walaupun pembukaan tahun ajaran baru tahun ini berbeda, akan tetapi tidak mengurangi esensi dan nilai yang terkandung didalamnya. Disetiap pembukaan tahun ajaran baru akan selalu ada wajah baru yang turut menghiasi, mereka adalah mahasiswa dan mahasiswa baru yang sudah diterima di program pascasarjana. Diawal tahun ajaran baru mahasiswa dan mahasiswi selalu diharapkan untuk membawa semangat dan niat yang baru. Rektor unida, ustadz Amal Fathullah Zarkasyi berpesan walaupun kita masih dalam kondisi wabah corona, akan tetapi jangan sampai mengurang semangat dan tujuan untuk belajar, oleh karena itu proses belajar mengajar harus terus berlangsung walaupun ada yang hanya bisa menghadiri lewat zoom meeting. Selain itu Direktur Pascasarjana, Ustadz Hamid Fahmi Zarkasyi juga menyampaikan untuk senantiasa banyak membaca buku, agar memperoleh banyak referensi untuk penulisan tesis. Beliau selalu berpesan bahwa tesis yang baik adalah tesis yang cepat selesai, bukan yang judul bagus namun tidak selesai.    

Pembukaan tahun ajaran baru yang ada di Pascasarjana Universitas Darussalam Gontor berbeda dengan kampus yang lain, karena pada setiap pembukaan tahun ajaran baru pascasarjana akan ada pelantikan ketua pengurus himpunan mahasiswa pascasarjana. Beberapa orang mahasiswa dilantik untuk menjadi pengurus Himpunan Mahasiswa Pascasarjana atau yang sering disebut dengan Dewan Mahasiswa (DEMA) Pascasarjana.  Pengurus Dema menjabat selama kurang lebih satu tahun, mereka yang dipilih dari mahasiswa yang duduk di semester tiga.

Begitu juga yang terjadi pada tahun ini, ada tiga orang mahasiswa yang dilantik untuk menjadi ketua Dewan Mahasiswa. Mereka yang dari siman adalah Harisman H yang berasal dari Prodi Pendidikan Bahasa Arab, Ahmad Rizqi Fadlillah dari Prodi Aqidah Dan Filsafat Islam dan yang ketiga adalah ahmad dari Prodi Pendidikan Bahasa Arab. Sedangkan yang dari kampus mantingan adalah Rizkyana Wahyu Laras Pertiwi dari Prodi Pendidikan Bahasa Arab, Amatullah Nur Afifah dari Prodi Hukum Ekonomi Syariah dan Firda Khoirun Nisa dari Prodi Pendidikan Aqidah Dan Filsafat Islam. Adanya pergantian pengurus adalah bukti kepeduliaan Pascasarjana Universitas Darussalam Gontor akan pentingnya regenerasi dalam sebuah kepengurusan. Mahasiswa yang baru dilantik diharapkan membawa semangat yang baru untuk membantu dalam kemajuan mahasiswa pascasarjana.

Melalui pembukaan tahun ajaran baru ini, mahasiswa diharapkan terus memiliki semangat baru yang lebih dari tahun sebelumnya. Mahasiswa memiliki peran sebagai generasi perubahan, perubahan akan selalu terjadi seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Universitas Darussalam gontor merupakan kampus yang berbasis pesantren, sehingga seorang mahasiswa dalam bertindak dan berbuat tidak boleh lepas dengan yang namanya nilai-nilai kepesantrenan. Tidak hanya pintar dalam keilmuan umum akan tetapi juga mumpuni dalam ilmu keagamaan.