Program Magister Pendidikan Bahasa Arab

Rasional

Sebagai Negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar di dunia, Indonesia terus berupaya untuk mengembangkan kurikulum pengajaran Bahasa Arab. Hal ini ditandai dengan pendirian lembaga-lembaga Islam pada awal decade masunya Islam sampai pada akhirnya pendirian Jurusan Pendidikan Bahasa Arab di universitas-universitas Islam. Namun kenyataannya formula yang tepat dalam pengajaran Bahasa Arab di Indonesia sampai saat ini masih belum ditemukan. Karena metode yang masih lazim diterapkan sampai saat ini adalah metode dengan tujuan penguasaan kaidah Bahasa Arab, bukan keterampilan Bahasa Arab.

Menyadari akan perbedaan Antara pengajaran Bahasa Arab sebagai sebuah kaidah, dan pengajarannya sebagai sebuah keterampilan, maka Prodi Bahasa Arab didirikan untuk program pascasarjana. Program studi ini memfokuskan pada penelitian dan eksperimen guna menemukan formula yang lebih efektif dalam pembelajaran Bahasa Arab, dengan harapan agar lulusan program ini dapat berpartisipasi dalam memajukan pengajaran Bahasa Arab di Indonesia pada khusunya, dan di dunia pada umumnya.

Prodi ini berdiri berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam (Dirjen Pendis) Kementerian Agama Republik Indonesia Nomor: Dj.I/1874/2011 dan telah terakreditasi BAN PT dengan nilai B berdasarkan SK BAN-PT nomor: 843/SK/BAN-PT/Akred/M/VIII/2015. Gelar: Magister Pendidikan (M.Pd.)

Visi

Pusat keunggulan (centre of excellence) dalam bidang pendidikan bahasa arab dengan sistem perguruan tinggi pesantren pada tahun 2023.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas dalam bidang pendidikan bahasa arab.
  2. Melaksanakan penelitian dan pengembangan dalam bidang pendidikan bahasa arab yang memberikan kontribusi pada kemajuan umat.
  3. Melaksanakan pengabdian pada masyarakat yang diarahkan pada pemecahan masalah-masalah pengajaran bahasa arab.
  4. Menginternalisasikan nilai-nilai keislaman dan kepesantrenan dalam sistem perguruan tinggi pesantren.

Kompetensi Lulusan

Program Magister PBA bertujuan untuk mencetak dosen/pengajar bahasa arab, peneliti pendidikan bahasa arab, dan konsultan pendidikan bahasa arab. karena itu, prodi ini membekali mahasiswa dengan ilmu kependidikan, linguistik modern, metodologi pengajaran bahasa arab.

Tenaga Pengajar

  1. Prof. Dr. Mudjia Raharjo, M.A
  2. Prof. Dr. Syamsul Hadi, SU., MA.
  3. Prof. Dr. Sangidu M. Hum.
  4. Dr. Abdul Hafidz Zaid, MA.
  5. Dr. Dihyatun Masqon, M.A
  6. Dr. Ahmad Hidayatullah Zarkasyi, MA
  7. Dr. Sujiat Zubaidi Saleh, M.Ag
  8. Dr. Imam Bahroni, M.A, MLS
  9. Dr. Fairus Subakir, MA.
  10. Dr. Rahmat Hidayat, MA.
  11. Dr. Muhammad Wildan Shohib, MA.