Sebagai negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar di dunia, Indonesia terus berupaya untuk mengembangkan kurikulum pengajaran Bahasa Arab. Hal ini ditandai dengan pendirian lembaga-lembaga Islam pada awal dekade masuknya Islam sampai didirikannya Jurusan Pendidikan Bahasa Arab di Universitas-Universitas Islam. Namun kenyataannya formula yang tepat dalam pengajaran Bahasa Arab di Indonesia sampai saat ini masih belum ditemukan, karena metode yang masih lazim diterapkan sampai saat ini adalah metode dengan tujuan penguasaan kaidah Bahasa Arab, bukan keterampilan Bahasa Arab. Menyadari akan perbedaan antara pengajaran Bahasa Arab sebagai sebuah kaidah, dan pengajarannya sebagai sebuah keterampilan, maka Prodi Bahasa Arab didirikan untuk Program Pascasarjana. Program Studi ini fokus pada penelitian dan eksperimen guna menemukan formula yang lebih efektif dalam pembelajaran Bahasa Arab, dengan harapan agar lulusan program studi ini dapat berpartisipasi dalam memajukan pengajaran Bahasa Arab di Indonesia pada khusunya, dan di dunia pada umumnya
Prodi ini berdiri berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam (Dirjen Pendis) Kementerian Agama Republik Indonesia Nomor: Dj.I/1874/2011 dan telah terakreditasi BAN PT dengan nilai B berdasarkan SK BAN-PT nomor: 843/SK/BAN-PT/Akred/M/VIII/2015. Pada tahun 2020 Magister Pendidikan Bahasa Arab memperoleh peringkat akreditasi B berdasarkan SK BAN-PT Nomor 4701/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/M/VIII/2020.
Gelar: Magister Pendidikan (M.Pd.).
VISI
“Menjadi pusat keunggulan (Centre of Excellence) dalam bidang pendidikan bahasa Arab dengan sistem perguruan tinggi pesantren yang bermutu dan berarti untuk mewujudkan kesejahteraan umat manusia”
MISI
- Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas dalam bidang pendidikan bahasa Arab.
- Melaksanakan penelitian dan pengembangan dalam bidang pendidikan bahasa Arab yang memberikan kontribusi pada kemajuan umat.
- Melaksanakan pengabdian pada masyarakat yang diarahkan pada pemecahan masalah-masalah pengajaran bahasa Arab.
- Menginternalisasikan nilai-nilai keislaman dan kepesantrenan dalam sistem perguruan tinggi pesantren.
TUJUAN
Menghasilkan lulusan Magister Pendidikan Bahasa Arab yang mampu:
- Mengembangkan ilmu pengetahuan dalam kerangka islamisasi ilmu melalui worldview islam dan nilai-nilai kepondokmoderanan.
- Mengembangkan kurikulum, metode pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran bahasa Arab secara inovatif dan teruji.
- Menganalisa kesalahan fonetis, morfologis, sintaksis, dan semantis dalam bahasa Arab.
- Memecahkan permasalahan dalam pembelajaran bahasa Arab melalui pendekatan inter atau mulitidisiplin ilmu.
- Menyusun kamus bahasa Arab.
- Mengelola dan mengembangkan penelitian tentang pendidikan bahasa Arab yang bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan serta mendapat pengakuan nasional maupun internasional.
- Menerjamahkan teks bahasa Arab ke bahasa Indonesia dan sebaliknya.
Ketua Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab
Dr. Agus Yasin, M.Pd.I
PROGRAM UNGGULAN
- Tugas Mata Kuliah yang terpublikasi di Artikel Jurnal minimal peringkat Sinta 3.
- Sidang Kualifikasi dan Kuotasi Tesis sebagai pendalaman mahasiswa terkait referensi utama dan isu-isu terkini terkait Pendidikan Bahasa Arab.
- Pendelegasian Mahasiswa bersama Dosen untuk mengikuti Seminar bertaraf Internasional.
- Pendekatan worldview Islam dalam tiap penulisan artikel, makalah tugas, dan tesis.
- Memiliki dosen-dosen pakar di bidang Bahasa Arab, dan lulusan Perguran Tinggi luar negeri ternama dari Sudan, Mesir dan Pakistan.
- Penguasaan terhadap konsep teoritis asas-asas keilmuan Islam (DirasatIslamiyyah) seperti Leksikologi Bahasa Arab, Tārīkh al-Adab al-‘Arabī, dan Tashmīm al-Ikhtibārāt al-Lughawiyyah secara khusus dan bidang Pendidikan Bahasa Arab secara umum.
- Penguraian dan analisa konsep-konsep dasar dan tata Bahasa Arab sebagai langkah awal pembiasaan dalam berbahasa Arab yang baik dan benar sesuai dengan kaidah bahasa Arab.
- Penguraian kaidah-kaidah Bahasa Arab dalam pembelajaran.
- Desain media pembelajaran dalam Bahasa Arab
TENAGA PENGAJAR
- Dr. Ahmad Hidayatullah Zarkasyi, M.A
- Dr. Abdul Hafidz Zaid, M.A.
- Dr. Agus Yasin, M.Pd.I.
- Dr. Ihwan Mahmudi, M.Pd.
- Dr. Fairuz Subakir Ahmad, M.A.
- Prof. Dr. Bermawy Munthe, M.A.
- Prof. Dr. Mudjia Raharjo, M.Si.
- Prof. Dr. Sangidu, M.Hum.
- Prof. Dr. Syamsul Hadi, SU, M.A.
- Dr. Rahmat Hidayat, Lc. M.A
- Dr. Ikhwan Agustono, M.Fil.I
KURIKULUM
NO | KODE | MATA KULIAH | SKS | JENIS MK |
SEMESTER 1 | ||||
1 | PPSPBA1101 | Studi Al-Qur’an dan Al-Hadits | 3 | Wajib PPS |
2 | PPSPBA1202 | Tahlil al-Akhtha’ wa al-Tahlil al-Taqabuly | 3 | Wajib Prodi |
3 | PPSPBA1203 | Manahij Ta’lim al-Lughah al-‘Arabiyyah li al-Nathiqin bi Ghairiha | 3 | Wajib Prodi |
4 | PPSPBA1204 | Tarikh al-Adab al-‘Araby | 2 | Wajib Prodi |
5 | PPSPBA1105 | Worldview Islam | 3 | Wajib PPS |
SEMESTER 2 | ||||
1 | PPSPBA2306 | Al-Tarjamah | 2 | Wajib Prodi |
2 | PPSPBA2207 | Bina’ Manahij Ta’lim al-Lughah al-‘Arabiyyah li al-Nathiqin bi Ghairiha | 3 | Wajib Prodi |
3 | PPSPBA2108 | Filsafat Ilmu dan Sains | 2 | Wajib PPS |
4 | PPSPBA2109 | Metodologi Penelitian | 3 | Wajib PPS |
5 | PPBPBA2210 | Ta’lim al-Lughah al-‘Arabiyyah fi al-Marhalah al-Mutawasithah | 3 | Wajib Prodi |
6 | PPSPBA2111 | Islamisasi Ilmu Pengetahuan Kontemporer | 3 | Wajib PPS |
SEMESTER 3 | ||||
1 | PPSPBA3212 | Al-Lisaniyat al-Haditsah wa Tathbiquha fi Ta’limi al-Lughah al-‘Arabiyyah | 3 | Wajib Prodi |
2 | PPSPBA3213 | Leksikologi dan Leksikografi Arab | 2 | Wajib Prodi |
3 | PPSPBA3214 | Tashmim al-Ikhtibarat al-Lughawiyyah | 3 | Wajib Prodi |
4 | PPSPBA3215 | Tathwir Manahij Ta’lim al-Lughah al-‘Arabiyyah li al-Nathiqin bi Ghoiriha | 3 | Wajib Prodi |
SEMESTER 4 | ||||
1 | PPSPBA4116 | Tesis | 6 | Wajib Prodi |
TOTAL SKS | 47 SKS |
KONTAK/MEDIA SOSIAL
Email : pascapba@unida.gontor.ac.id
Instagram : pascapbaunidagontor