Perkuat Ekonomi Umat, UNIDA Gontor Canangkan Virtual Market

PPs UNIDA Gontor – Menindak lanjuti salah satu dari tiga program yang disampikan oleh Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo dalam acara Indonesia Shari’a Economic Festival (ISEF) 2018 di Surabaya beberapa waktu yang lalu, diadakan pembahasan lanjutan bersama Direktur Departermen Ekonomi Dan Keuangan Syariah BI  yang bertempat di Hotel Sofyan Jakarta pusat.(29/03).

Melalui Dr. Syamsuri, M.Sh sebagai perwakilan Pusat Studi Pengembangan Ekonomi & Keungan Islam Pesantren (PUSPEKIN) Universitas Darussalam Gontor mencanangkan sebuah program yang akan mendorong terjalinnya kerjasama bisnis antar pesantren melalui penyediaan virtual market produk usaha pesantren sekaligus business matching yang diberi nama “tamam.id”.  Pencangan vitual market “tamam.id” ini telah melalui kesepakatan dari PP IKPM, Forbis, FPA, FMA dan Tim Tamam UNIDA Gontor pada pertmuan pertama di Kantor IKPM Pusat (19/01/2019) yang lalu.

VIirtual Market Pesantren Adalah sebuah virtual market/pasar online yang dirancang untuk kegiatan perdagangan (jual/beli) antar pesantren-pesantren di Indonesia. Virtual Market di sebut juga e-marketing atau e-pemasaran dan tidak jauh berbeda dengan pemasaran secara offline. Semuanya kegiatan yang dilakukan dalam virtual market ini memanfaatjan media Internet (online).

Dalam kesempatan tersebut Dr. Syamsuri menjelaskan keunggulan dari virtual market pesantren diantaranya: pertama, Administrasi keuangan dalam jual beli lebih tertib dan dapat dipertanggungjawabkan. Kedua, Menguatkan ekonomi antar pesantren (model ekonomi proteksi). Ketiga, Mampu memberdayakan masyarakat sekitar pesantren dan Keempat, Kemudahan bagi pesantren dalam memenuhi kebutuhan internal.

Ketua Program Studi Magister Hukum Ekonomi Syarah menambahkan “Pesantren Gontor akan menjadi pioneer pengembangan dan pemberdyaan ekonomi masyarakat melalui pesantren. Virtual market tamam.id akan menjadi satu-satunya marketplace syariah yang mengabungkan kekuatan antar pesantren di Indonesia”, pungkasnya. [Hibatul Wafi]

Dr. Syamsuri memaparkan aplikasi tamam.id di hadapan tim Departermen Ekonomi Dan Keuangan Syariah Bank Indonesia