Pendaftaran Pascasarjana UNIDA Gontor dan Informasi Heregistrasi 2021

LANGKAH-LANGKAH PENDAFTARAN MAHASISWA BARU PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS DARUSSALAM GONTOR:

  1. Mengisi formulir registrasi online dan mengunggah berkas persyaratan di google drive melalui link ini dan masuk dengan memilih sign up/login with google
  2. Mengisi angket calon mahasiswa Pascasarjana di tautan ini.
  3. Mentransfer biaya pendaftaran sebesar Rp 250.000,-ke rekening berikut: Bank Syariah Indonesia (BSI) atas nama Universitas Darussalam Gontor 1018572679. Diharap untuk menyimpan tanda bukti transfer.
  4. Adapun persyaratan yang diunggah pada poin satu adalah sebagai berikut:
    1. File tanda bukti transfer biaya pendaftaran Rp. 250.000,-
    2. File formulir pendaftaran yang telah diisi. Formulir dapat diunduh pada tautan ini.
    3. File ijazah KMI/SMA/MA.*
    4. File Scan ijazah Strata 1 (untuk masuk Program Magister) dan juga ijazah Strata 2 (untuk masuk Program Doktor) dari program studi terakreditasi yang telah dilegalisasi dari pejabat yang berwenang dan diakui oleh Program Pascasarjana Universitas Darussalam Gontor.**
    5. File Scan SK/Sertifikat perolehan status akreditasi asal program studi dan institusi dari BAN-PT dan/atau lembaga yang kredibel lain tingkat internasional.
    6. File Scan transkip nilai dengan IPK minimal 3,00 atau jayyid.
    7. Pas Foto ukuran 3×4 dan 4×6 masing-masing 4 lembar (berpakaian resmi latar belakang biru, berjilbab bagi calon mahasiswi).
    8. Daftar riwayat hidup, termasuk daftar penulisan karya ilmiah yang pernah
    9. File Scan Surat rekomendasi dari dua instansi dan/atau orang yang memiliki kualifikasi untuk menilai kompetensi akademik calon mahasiswa yang bersangkutan. Contoh Surat Rekomendasi dapat diunduh melalui tautan ini.
    10. File Scan Surat Permohonan dan Pernyataan di bawah ini:
      1. Surat Permohonan menjadi Mahasiswa Pascasarjana UNIDA Gontor (Form. A.1) sebanyak 1 lembar.
      2. Surat Pernyataan Kesanggupan menjadi Mahasiswa Pascasarjana UNIDA Gontor (Form. A.2) sebanyak 1 lembar dan bermaterai 10.000.
      3. Surat Pernyataan Kesanggupan Pembiayaan sebanyak (Form. A.3) sebanyak 1 lembar dan bermaterai 10.000.
      4. Surat Permohonan dan Pernyataan dapat diunduh melalui tautan ini. 
    11. File Surat Keterangan Kesehatan dari dokter yang berwenang.
    12. File KTP/SIM/Paspor yang masih berlaku.
    13. File Proposal tesis berbahasa Arab/Inggris (minimal 20 halaman ukuran A4) sebanyak 3 rangkap dan proposal disertasi berbahasa Arab/Inggris (minimal 25 halaman ukuran A4) sebanyak 4 rangkap.
    14. File Sertifikat TOAFL dan TOEFL dengan skor minimal 500 (paling lambat diserahkan sebelum Sidang Proposal Tesis/Disertasi)
    15. Bagi calon mahasiswa yang dinyatakan lulus dan yang belum berkeluarga diwajibkan untuk tinggal di asrama (Kampus Siman untuk putra dan Kampus Mantingan untuk putri).

Keterangan:
*)     Bagi calon Mahasiswa Guru KMI, syarat ijazah KMI bisa diganti dengan Surat Keterangan Lulus KMI.
**)   Bagi wisudawan/wisudawati UNIDA Gontor ke 38 untuk sementara bisa melampirkan salinan SK Yudisium dari masing-masing Fakultas.

Salinan berkas pendaftaran (hardcopy) diserahkan ke Sekretariat Penerimaan Mahasiswa Baru UNIDA Gontor selambat-lambatnya pada tanggal 10 Syawwal

 WAKTU PENDAFTARAN

Pendaftaran calon mahasiswa Program Magister dan Doktor Program Pascasarjana UNIDA Gontor tahun ajaran 1443-1444/2022-2023 dibuka secara online  dari tanggal 1 Shafar  1443/8 September 2021 sampai tanggal 10 Syawwal 1443/11 Mei 2022.

JADWAL  PELAKSANAAN UJIAN MASUK

  • Tes Wawancara dilaksanakan pada tanggal 11 Syawwal 1443/12 Mei 2022 pukul 08:00 WIB – selesai.
  • Tes Bahasa Arab online dilaksanakan pada tanggal 12 Syawwal 1443/13 Mei 2022 melalui web yang disediakan oleh operator UNIDA Gontor. Adapun tes dimulai pukul 08:00 WIB – selesai.

MATERI UJIAN MASUK

  1. Kemampuan berbahasa Arab dan Inggris
  2. Wawasan keislaman dan bidang ilmu yang diminati sebagaimana yang ditulis dalam proposal tesis/disertasi.
  3. Membaca Alquran

 BIAYA PENDIDIKAN

 

SEMESTER 1

No

Jenis Biaya Magister Doktor

Ket

1

Pendaftaran Rp 250.000,- Rp 250.000,- Dibayar satu kali

2

SPP/Semester Rp 3.750.000,- Rp 6.650.000,- Dibayar tiap awal semester

3

Living Cost (asrama & iuran makan) Rp 500.000,- Rp 650.000,- Dibayar tiap bulan selama 6 bulan

Jumlah

Rp. 7.000.000,- Rp 10.800.000,-  

 

 

SEMESTER 2

No

Jenis Biaya Magister Doktor

Ket

1

SPP/Semester Rp 3.500.000,- Rp 6.400.000,- Dibayar tiap awal semester

2

Living Cost (asrama & iuran makan) Rp 500.000,- Rp 650.000,- Dibayar tiap bulan selama 6 bulan

Jumlah

Rp. 6.500.000,- Rp. 10.300.000,-  

  

 

SEMESTER 3

No

Jenis Biaya Magister Doktor

Ket

1

SPP/Semester Rp 3.500.000,- Rp 6.400.000,- Dibayar tiap awal semester

2

Living Cost (asrama & iuran makan) Rp 500.000,- Rp 650.000,- Dibayar tiap bulan selama 6 bulan

Jumlah

Rp. 6.500.000,- Rp. 10.300.000,-  

 

 

SEMESTER 4

No

Jenis Biaya Magister Doktor

Ket

1

SPP/Semester Rp 3.500.000,- Rp 6.400.000,- Dibayar tiap awal semester

2

Living Cost (asrama & iuran makan) Rp 500.000,- Rp 650.000,- Dibayar tiap bulan selama 6 bulan

Jumlah

Rp. 6.500.000,- Rp. 10.300.000,-  

 

 

BIAYA ADMINISTRASI LAINNYA

No

Jenis Biaya Magister Doktor

Ket

1

Sidang Proposal dan Kualifikasi Rp 500.000,- Rp 2.600.000,- Dibayar sebelum sidang

2

Sidang Disertasi Tertutup Rp 8.100.000,- Dibayar sebelum sidang

3

Sidang Tesis Rp 1.400.000,- Dibayar sebelum sidang

4

Sidang Disertasi Terbuka Rp 12.700.000,- Dibayar sebelum sidang

Jumlah

Rp. 1.900.000,- Rp. 23.400.000,-  

 

Ilyasa Azmi

Ilyasa Azmi

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on email
TOP