Hadapi Akreditasi Tahun Mendatang, Program Magister PBA Adakan Pertemuan Perdana Tim Akreditasi

PPs UNIDA Gontor – Menghadapi masa berakhirnya Akreditasi Magister Pendidikan Bahasa Arab berdasarkan data akreditasi no 843/SK/BAN-PT/Akred/M/VIII/2015 yang jatuh pada tanggal 15 Agustus 2020 Program Pascasarjana Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor menggelar pertemuan perdana tim Akreditasi Magister PBA pada selasa, 3 september 2019 bertempat di ruang rektor III lt 1 gedung utama Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor.

Pertemuan ini di hadiri oleh Asisten Direktur Pascasarjana Dr. Muhammad Muslih, M.A., Kepala BAAK Pascasarjana Dr. Jarman Arroisi, M.A., Ketua Program Studi Magister PBA Dr. Abdul Hafidz Zaid, M.A. dan seluruh tim baik dari dosen dan mahasiswa pascasarjana.

Dalam kesempatan itu, Dr. Jarman Arroisi memaparkan langkah-langkah yang harus di lakukan dalam penyusunan borang Akreditasi yang efektif.

“Tujuan Akreditasi membangun tradisi tata kelola Perguruan Tinggi yang rapi dan baik serta menumbuhkan budaya mutu pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Kemudian Kriteria Akreditasi mengacu pada Standar Nasionar Dikti: Pendidikan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat, Mahasiswa, SDM, Keuangan, Sarana dan Prasarana, Tata Pamong dan Kerjasama.” Paparnya di hadapan tim Akreditasi.

Berbeda pada tahun-tahun sebelumnya, Pada tahun ini Akreditasi Magister PBA menggunakan 9 standar pada borang Akreditasi yang akan disusunnya. Selain itu, Dr. Muhammad Muslih menyampaikan beberapa nasehat dan pengalamannya selama menyusun borang Akreditasi.

“Masa depan program studi tergantung pada kita. Sejak tahun 1998 saya sudah berkencimpung dalam penyusunan Akreditasi. Belum sah jadi dosen dan civitas akademika jika belum pernah berkecimpung dalam penyusunan Akreditasi, pelajaran hidup dan karir akan banyak di dapat dalam tim ini, tugas akan cepat selsai jika tim kita kua!”. Jelasnya.

Harapan dengan  dibentuknya tim akreditasi Magister Pendidikan Bahasa Arab ini dapat mempersiapkan proses akreditasi dengan baik guna meningkatkan mutu program studi.