Program Pascasarjana UNIDA Gontor Melaksanakan Ujian Penerimaan Mahasiswa Baru

Khairul Atqiya, Kontributor

Selasa, 22 Syawwal 1440

PONOROGO, GONTOR-

Program Pascasarjana Universitas Darussalam Gontor melaksanakan ujian penerimaan bagi calon mahasiswa dan mahasiswi baru pada hari ini, Selasa 22 Syawwal 1440. Ujian ini dilaksanakan di gedung terpadu dan gedung pascasarjana Universitas Darussalam Gontor.

Ujian ini berlangsung dalam dua tahap dan diikuti oleh calon mahasiswa dan mahasiswi yang telah mendaftarkan diri pada dua gelombang pendaftaran, 15-25 Ramadhan dan 10-20 Syawal. Tahap pertama adalah ujian kemampuan berbahasa Arab secara daring yang bertempat di gedung terpadu. Pada tahap selanjutnya calon mahasiswa dan mahasiswi mengikuti wawancara di gedung pascasarjana.

“Pertanyaanya seputar pengetahuan dasar tentang jurusan yang akan diambil di samping ujian membaca Al-Qur’an dan tes psikologi”. Ujar Ahmad Rizqi Fadillah, salah seorang calon mahasiswa saat ditemui di kamar sementara calon mahasiswa. Selain itu wawancara ini bertujuan untuk mengukur kemampuan para calon mahasiswa dalam berbahasa Arab dan Inggris yang menjadi bahasa pengantar dalam perkuliahan.

Alfi Mar’atul Khasanah, salah seorang calon mahasiswi menuturkan bahwa ujian kemampuan berbahasa saat wawancara mencakup kemampuan mendengar dan berbicara yang diuji melalui percakapan selama wawancara serta kemampuan membaca yang diuji dengan membaca beberapa halaman dari sebuah buku untuk selanjutnya dijelaskan kembali.

Pengumuman hasil ujian calon mahasiswa dan mahasiswi Program Pascasarjana Universitas Darussalam Gontor rencananya akan dilaksanakan pada Rabu pagi 23 Syawwal 1440, sehari setelah ujian berlangsung. Pengumuman kelulusan ini selanjutnya akan diterbitkan di situs resmi Program Pascasarjana Universitas Darussalam Gontor.

Ujian Penerimaan Mahasiswa Baru