Safari Ramadhan KBRI-UNIDA Disambut Antusias Diaspora Indonesia

Pihak KBRI Manama bekerjasama dengan Universitas Darussalam Gontor Ponorogo (UNIDA) mengadakan agenda Safari Ramadhan dalam rangka pembinaan keagamaan Masyarakat Indonesia yang ada di Bahrain, Ramadhan tahun ini.

Acara yang berlangsung di akhir bulan Ramadhan ini (27/4 – 2/5/2022) dijadwalkan dengan kegiatan keagamaan yang cukup padat meliputi, kuliah keagamaan, diskusi, buka puasa bersama, shalat berjamaah Maghrib, Isya dan tarawih dan ditutup dengan pelaksanaan shalat dan khutbah Idul Fitri.

Adapun peserta acara tersebut adalah masyarakat diaspora Indonesia yang ada di Bahrain. Pemateri adalah Ustad Usmanul Khakim, dosen Universitas Darussalam Gontor (UNIDA) sedangkan penanggungjawab teknis acara ini adalah staf KBRI Manama.

Duta Besar Republik Indonesia untuk Kerajaan Bahrain Bapak Ardi Hermawan pada saat pengarahan tanggal 28 April 2022 menyampaikan harapannya bahwa agenda ini dapat meningkatkan kesadaran tentang etika beragama dan etika sosial agar masyarakat diasapora yang ada di Bahrain tidak terjebak pada berbagai pelanggaran hukum.

Antusiasme diaspora Indonesia di Bahrain dalam acara ini cukup menggembirakan. “Acara Safar Ramadhan ini sangat menggembirakan, utamanya kemeriahan  shalat Idul fitri sangat terasa setelah 2 tahun acara ini tidak diadakan karena adanya wabah Covid-19,” kata Eka Prilly, seorang warga diaspora asal Bandung.

Untuk diketahui bahwa pemerintah kerajaan Bahrain telah memberlakukan status normal dalam kegiatan kemasyarakatan, sehingga berbagai acara yang melibatkan orang banyak sudah diperbolehkan.

“Saya bergembira sekali dapat selalu mengikuti semua acara Ramadhan yang diadakan pihak KBRI tahun ini. Semoga tahun depan Covid-19 sudah tidak ada lagi, sehingga dapat mengadakan acara ini lagi,”  kata Addi, yang telah kurang lebih 7 tahun berada di Bahrain.

Kolaborasi UNIDA Gontor dengan berbagai pusat studi, institusi atau universitas yang ada di Bahrain dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat. menjadi agenda lainnya yang dibicarakan antara UNIDA Gontor dan KBRI Manama ke depan. (Sumber: Hidayatullah.com)

Amir Hidayatullah, S.Ag.

Amir Hidayatullah, S.Ag.

Sarjana Ilmu Quran-Tafsir Universitas Darussalam Gontor, alumni KMI Gontor 2014 SMART Generation, dan 7 tahun mengajar di Gontor kampus 2. Pemain musik dan maniak teknologi ini sedang menempuh studi Magister Pascasarjana UNIDA Gontor bidang Aqidah dan Filsafat Islam sejak tahun 2020. Baca tulisannya di: http://profius.my.id
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on email

Artikel Terkait:

TOP