Struktur Organisasi dan Tata Kelola

1. Struktur Organisasi

Organisasi Program Pascasarjana Unida Gontor terdiri atas tiga unsur: unsur pimpinan, unsur pelaksana, dan unsur administrasi. Unsur pimpinan terdiri dari Direktur dan Asisten Direktur, unsur pelaksana adalah ketua Program Studi dan dosen, adapun unsur administrasi mencakup Sub Bagian Administrasi dan Kemahasiswaan, Sub Bagian Administrasi Umum dan Keuangan yang diketuai Kepala Bagian Tata Usaha. Direktur bertugas memimpin penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran, penelitian, administrasi dan keuangan, membina tenaga kependidikan, mahasiswa, dan tenaga administrasi. Dan dalam melaksanakan tugasnya dibantu oleh Asisten Direktur (Asdir) dalam mengkoordinasikan pelaksanaan tugas di bidang akademik, kemahasiswaan, keuangan dan administrasi. Asdir juga menyusun konsep rencana dan program kerja Program Pascasarjana dalam bidang akademik, keuangan dan administrasi. Dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya, Direktur bertanggung jawab langsung kepada Rektor. Ketua Program Studi menyelenggarakan tugas akademik Program Studi dan untuk tugas-tugasnya itu bertanggung jawab kepada Direktur. Dalam pelaksanaan tugas, Kaprodi dibantu oleh seorang sekretaris yang diangkat oleh direktur.Adapun tugas administratif dipimpin oleh Kepala Bagian Tata Usaha yamg membawahi Sub Bagian Administrasi dan Kemahasiswaan, Sub Bagian Administrasi Umum dan Keuangan.Selain tiga unsur di atas, penyelenggaraan kegiatan akademik, Program Pascasarjana juga didukung dengan unit-unit kerja yang dipimpin oleh kepala unit, yaitu perpustakaan, laboratorium, dan satuan kerja pengembangan lain yang diperlukan. Berikut disampaikan Struktur Organisasi Program Pascasarjana Unida Gontor:

Adapun personalia Pengelola Program Pascasarjana Unida Gontor sebagai berikut:

Direktur                : Dr. Hamid  Fahmy Zarkasyi, MA, M.Phil.
Asisten Direktur : Dr. Mohammad Muslih, M.A.

Ka Prodi AFI S3  : Dr. Sujiat Zubaidi Shaleh, M.A.
Ka Prodi AFI S2  : Dr. M. Kholid Muslih, MA.
Ka Prodi PBA S2 : Dr. Abdul hafidz Zaid, MA.
Ka Prodi HES S2 : Dr. Syamsuri, MA.

Kepala Unit Penjaminan Mutu : Dr. Jarman Arraisi, M.Ud.
Koordinator Tata Usaha : Harda Armayanto, MA.

2. Tata Kelola

Sebagai bagian dari Pondok Modern Gontor yang juga merupakan Perguruan Tinggi Pesantren, Unida menerapkan sistem tata pamong yang bersifat “struktural” dan “kultural” sekaligus. Keduanya berjalan berbarengan. Yang pertama bersifat rigid dan menekankan aspek profesionalitas, sedang yang kedua bersifat elastis dan menekankan pada loyalitas sekaligus moralitas. Jika yang pertama, menuntut masing-masing bagian bekerja sesuai dengan tupoksi-nya, maka yang kedua mengkondisikan masing-masing pelaksana untuk saling kerjasama, dengan kekeluargaan, dengan komunikatif, dan dalam hal tertentu mempertimbangkan skala prioritas demi kemajuan Unida untuk jangka panjang. Maka yang dikembangkan di Unida secara umum dan di Program Pascasarjana secara khusus, untuk menyukseskan tupoksi, masing-masing bagian dapat bekerja siang malam, tak kenal lelah, dan dapat saling bantu.

Untuk menjamin tata pamong yang kredibel, transparan, akuntabel, bertanggung jawab dan adil, maka dibuatlah aturan main yang jelas. Mulai dari Pelaksanaan tata organisasi dan manajemen Program Pascasarjana dengan prodinya yang diatur dalam SK Rektor nomor: 35/ISID/R-e/III/1430 tentang Penyelenggaraan Program Pascasarjana, sampai kepada tata aturan penyelenggaraan akademik, pelayaanan administrasi, pelayanan kemahasiswaaan, perpustakaan, laboratorium, dan pelayaanaan mutu akademik.

Dengan pola seperti ini, tata pamong yang kredibel, transparan, akuntabel, bertanggung jawab dan adil bukan saja menjadi target yang harus diwujudkan, tetapi sudah terlaksana dengan sendirinya.