Tajdid Niat Menjadi Spirit Pembukaan Semester Genap Pascasarjana

Perkuliahan semester genap pasca sarjana resmi dibuka hari Selasa (2/11), acara ini di wakili oleh wakil rektor II Dr. Setiawan bin Lahuri, MA. Beliau menyampaikan salam dari Rektor Universitas Darussalam Gontor (UNIDA) Prof. Dr. Hamid Fahmy Zarkasyi, M.Phil, M.Ed, yang sedang melakukan melakukan rihlah akademik dan pelaksanaan MoU di Turki sejak sebulan lalu bersama tim. Dr. Setiawan berpesan kepada seluruh mahasiswa dan dosen agar memperbarui niat dalam menuntut ilmu dan juga untuk selalu meningkatkan diri setiap saat dalam bidang akademik semisal melibatkan diri dalam penerbitan jurnal, proceeding, dan sebagainya.

Orasi ilmiah dilanjutkan oleh direktur yang menyampaikan program-program menuju pascasarjana unggul 2025 yang harus dicapai dengan sungguh-sungguh. Karena ini nanti menjadi persembahan UNIDA menjelang momentum satu abad Gontor. Di antara program yang sedang di kerjakan yakni menggarap Kamus Gontor Arab dan Inggris di tangan program studi Pendidikan Bahasa Arab serta penyusunan ensiklopedia aliran dan agama di Indonesia oleh program studi Aqidah dan Filsafat Islam.

Terakhir, acara ditutup dengan kuliah umum yang dibawakan oleh Dr. Ahmad Saifullah M.Pd yang telah menyelesaikan titel P.hd nya di The University of Sydney Australia. Dalam kuliah umum kali ini, beliau membagikan pengalamannya dalam melakukan riset disertasi yang mengusung analisa kurikulum Gontor dalam perspektif disiplin ilmu ecology. Topik ini termasuk inovasi baru karena mengusung tema pondok  dan perlu banyak perjuangan mencari promotor sehingga bisa diterima sebagai salah satu disertasi di salah satu universitas top dunia itu.

Amir Hidayatullah

Amir Hidayatullah

Seorang sarjana Islam dari Universitas Darussalam Gontor, alumni KMI Gontor 2014 SMART Generation, dan guru Gontor 2 selama 7 tahun. Pemain musik dan maniak teknologi ini menempuh studi Magister Pascasarjana UNIDA Gontor bidang Aqidah dan Filsafat Islam sejak tahun 2020.
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on email

Artikel Terkait:

TOP