Pascasarjana Yudisium 34 Calon Wisudawan

Pascasarjana Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor sangat bersyukur semester ini dengan berhasil meluluskan 34 calon wisudawan dari 3 program studi yang ada: Aqidah dan Filsafat Islam (AFI), Pendidikan Bahasa Arab (PBA), dan Hukum Ekonomi Syariah (HES). Acara Yudisium diadakan di aula Centre of Islamic and Occidental Studies (CIOS) UNIDA Gontor pada hari Rabu (9/2) pagi.

Acara dihadiri oleh Ketua Yayasan UNIDA Gontor Dr. Mulyono Jamal, Senat Pascasarjana UNIDA Gontor Dr. Sujiat Zubaidi Saleh, Ketua Ikatan Alumni UNIDA (IKADA) Dr. Yoyok Suyoto Arief, M.S.I. Sementara Bapak Rektor UNIDA Gontor terlihat tidak menghadiri acara dikarenakan saat itu bertepatan dengan agenda Visitasi Akreditasi Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Humaniora secara online. Mewakili beliau Dr. Setiawan bin Lahuri dan Dr. Abdullah Hafid bin Zaid. Seluruh kaprodi dan beberapa dosen ikut meramaikan acara tersebut. Mahasiswa tidak seluruhnya hadir, terdapat 4 calon wisudawan yang mengikuti yudisium secara online.

Acara dibuka dengan lantunan kalam ilahi oleh Zidny Athaillah mahasiswa PBA berasal dari Boyolali. Berlanjut dengan pembagian SK yudisium dan pembacaan mahasiswa berprestasi. Mahasiswa-mahasiswi berprestasi tersebut adalah:

  1. Mahasiswa terbaik: Yusuf Al Mananu (HES)
  2. Publikasi terbanyak: Yusuf Al Mananu (HES)
  3. IPK terbesar: Haikal Mustafti (PBA, IPK 3,7)
  4. Masa studi tercepat: Novita Sari (AFI, 1 tahun 10 bulan 13 hari)
  5. Tahfidz terbanyak: Mohammad Nurhadi (HES, 30 juz)
  6. Tesis terbaik: Muzaini Nugroho (PBA, تطوير الوسائل التعليمية في الإعلال والإبدال..)
  7. IPKs terbesar: M. Hanif Fauzi (PBA, IPKs 4,0)

Bapak Direktur Pascasarjana Dr. Muhammad Kholid Muslih berpesan bahwa setiap alumni membawa nama baik almamaternya, terlebih strata 2 Universitas Darussalam Gontor. Beliau bercerita bahwa Al-Azhar Mesir pernah mencabut gelar alumninya yang menulis kritis tentang Rasulullah SAW. Selanjutnya bapak Rektor Universitas Darussalam Gontor yang diwakili oleh Dr. Hafidz Zaid menyampaikan bahwa nilai seorang alumni tidak dilihat dari gelarnya, tapi seberapa banyak berkiprah dan memberi nilai positif kepada masyarakat. Hal tersebut ikut diamini oleh ketua IKADA Dr. Yoyok Suyoto sebagai pengantar sambutan penutup.

Acara yang dipandu oleh Amir Hidayatullah mahasiswa AFI dari Banyuwangi ini berlangsung selama kurang lebih 2 jam. Acara diakhiri dengan doa dari Dr. Mulyono Jamal. Seluruh dosen dan calon wisudawan melakukan perfotoan bersama di depan gedung CIOS. Diharapkan para wisudawan terus mengembangkan keilmuannya di program doktoral agar lebih bermanfaat kelak.

Amir Hidayatullah, S.Ag.

Amir Hidayatullah, S.Ag.

Sarjana Ilmu Quran-Tafsir Universitas Darussalam Gontor, alumni KMI Gontor 2014 SMART Generation, dan 7 tahun mengajar di Gontor kampus 2. Pemain musik dan maniak teknologi ini sedang menempuh studi Magister Pascasarjana UNIDA Gontor bidang Aqidah dan Filsafat Islam sejak tahun 2020. Baca tulisannya di: http://profius.my.id
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on email

Artikel Terkait:

TOP