LANGKAH-LANGKAH PENDAFTARAN MAHASISWA BARU PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS DARUSSALAM GONTOR:
- Mengisi formulir registrasi online dan mengunggah berkas persyaratan di google drive melalui link ini dan masuk dengan memilih sign up/login with google
- Mengisi angket calon mahasiswa Pascasarjana di link ini.
- Mentransfer biaya pendaftaran sebesar Rp 250.000,-ke rekening berikut: Bank Syariah Indonesia (BSI) atas nama Universitas Darussalam Gontor 1018572679. Diharap untuk menyimpan tanda bukti transfer.
- Adapun persyaratan yang diunggah pada poin satu adalah sebagai berikut:
- File tanda bukti transfer biaya pendaftaran Rp. 250.000,-
- File formulir pendaftaran yang telah diisi. Formulir dapat diunduh pada link ini.
- File ijazah KMI/SMA/MA.*
- File Scan ijazah Strata 1 (untuk masuk Program Magister) dan juga ijazah Strata 2 (untuk masuk Program Doktor) dari program studi terakreditasi yang telah dilegalisasi dari pejabat yang berwenang dan diakui oleh Program Pascasarjana Universitas Darussalam Gontor.**
- File Scan SK/Sertifikat perolehan status akreditasi asal program studi dan institusi dari BAN-PT dan/atau lembaga yang kredibel lain tingkat internasional.
- File Scan transkip nilai dengan IPK minimal 3,00 atau jayyid.
- Pas Foto ukuran 3×4 dan 4×6 masing-masing 4 lembar (berpakaian resmi latar belakang biru, berjilbab bagi calon mahasiswi).
- Daftar riwayat hidup, termasuk daftar penulisan karya ilmiah yang pernah
- File Scan Surat rekomendasi dari dua instansi dan/atau orang yang memiliki kualifikasi untuk menilai kompetensi akademik calon mahasiswa yang bersangkutan. Contoh Surat Rekomendasi dapat diunduh melalui tautan ini.
- File Scan Surat Permohonan dan Pernyataan di bawah ini:
- Surat Permohonan menjadi Mahasiswa Pascasarjana UNIDA Gontor (Form. A.1) sebanyak 1 lembar.
- Surat Pernyataan Kesanggupan menjadi Mahasiswa Pascasarjana UNIDA Gontor (Form. A.2) sebanyak 1 lembar dan bermaterai 10.000.
- Surat Pernyataan Kesanggupan Pembiayaan sebanyak (Form. A.3) sebanyak 1 lembar dan bermaterai 10.000.
- Surat Permohonan dan Pernyataan dapat diunduh melalui tautan ini.
- File Surat Keterangan Kesehatan dari dokter yang berwenang.
- File KTP/SIM/Paspor yang masih berlaku.
- File Proposal tesis berbahasa Arab/Inggris (minimal 20 halaman ukuran A4) sebanyak 3 rangkap dan proposal disertasi berbahasa Arab/Inggris (minimal 25 halaman ukuran A4) sebanyak 4 rangkap.
- File Sertifikat TOAFL dan TOEFL dengan skor minimal 500 (paling lambat diserahkan sebelum Sidang Proposal Tesis/Disertasi)
- Bagi calon mahasiswa yang dinyatakan lulus dan yang belum berkeluarga diwajibkan untuk tinggal di asrama (Kampus Siman untuk putra dan Kampus Mantingan untuk putri).
- Surat Pengajuan Beasiswa FPAG dan Surat Rekomendasi dari Pesantren yang Mengutus (Khusus untuk kader pondok alumni anggota Forum Pesantren Alumni Gontor/FPAG), download format surat di sini.
Keterangan:
*) Bagi calon Mahasiswa Guru KMI, syarat ijazah KMI bisa diganti dengan Surat Keterangan Lulus KMI.
**) Bagi wisudawan/wisudawati UNIDA Gontor ke 38 untuk sementara bisa melampirkan salinan SK Yudisium dari masing-masing Fakultas.
Salinan berkas pendaftaran (hardcopy) diserahkan ke Sekretariat Penerimaan Mahasiswa Baru UNIDA Gontor selambat-lambatnya pada tanggal 10 Syawwal
WAKTU PENDAFTARAN
Pendaftaran calon mahasiswa Program Magister dan Doktor Program Pascasarjana UNIDA Gontor tahun ajaran 1443-1444/2022-2023 dibuka secara online dari tanggal 1 Shafar 1443/8 September 2021 sampai tanggal 10 Syawwal 1443/11 Mei 2022.
JADWAL PELAKSANAAN UJIAN MASUK
- Tes Wawancara dilaksanakan pada tanggal 11 Syawwal 1443/12 Mei 2022 pukul 08:00 WIB – selesai.
- Tes Bahasa Arab online dilaksanakan pada tanggal 12 Syawwal 1443/13 Mei 2022 melalui web yang disediakan oleh operator UNIDA Gontor. Adapun tes dimulai pukul 08:00 WIB – selesai.
MATERI UJIAN MASUK
- Kemampuan berbahasa Arab dan Inggris
- Wawasan keislaman dan bidang ilmu yang diminati sebagaimana yang ditulis dalam proposal tesis/disertasi.
- Membaca Alquran
BIAYA PENDIDIKAN
SEMESTER 1 |
||||
No |
Jenis Biaya | Magister | Doktor |
Ket |
1 |
Pendaftaran | Rp 250.000,- | Rp 250.000,- | Dibayar satu kali |
2 |
SPP/Semester | Rp 3.750.000,- | Rp 6.650.000,- | Dibayar tiap awal semester |
3 |
Living Cost (asrama & iuran makan) | Rp 500.000,- | Rp 650.000,- | Dibayar tiap bulan selama 6 bulan |
Jumlah |
Rp. 7.000.000,- | Rp 10.800.000,- |
SEMESTER 2 |
||||
No |
Jenis Biaya | Magister | Doktor |
Ket |
1 |
SPP/Semester | Rp 3.500.000,- | Rp 6.400.000,- | Dibayar tiap awal semester |
2 |
Living Cost (asrama & iuran makan) | Rp 500.000,- | Rp 650.000,- | Dibayar tiap bulan selama 6 bulan |
Jumlah |
Rp. 6.500.000,- | Rp. 10.300.000,- |
SEMESTER 3 |
||||
No |
Jenis Biaya | Magister | Doktor |
Ket |
1 |
SPP/Semester | Rp 3.500.000,- | Rp 6.400.000,- | Dibayar tiap awal semester |
2 |
Living Cost (asrama & iuran makan) | Rp 500.000,- | Rp 650.000,- | Dibayar tiap bulan selama 6 bulan |
Jumlah |
Rp. 6.500.000,- | Rp. 10.300.000,- |
SEMESTER 4 |
||||
No |
Jenis Biaya | Magister | Doktor |
Ket |
1 |
SPP/Semester | Rp 3.500.000,- | Rp 6.400.000,- | Dibayar tiap awal semester |
2 |
Living Cost (asrama & iuran makan) | Rp 500.000,- | Rp 650.000,- | Dibayar tiap bulan selama 6 bulan |
Jumlah |
Rp. 6.500.000,- | Rp. 10.300.000,- |
BIAYA ADMINISTRASI LAINNYA |
||||
No |
Jenis Biaya | Magister | Doktor |
Ket |
1 |
Sidang Proposal dan Kualifikasi | Rp 500.000,- | Rp 2.600.000,- | Dibayar sebelum sidang |
2 |
Sidang Disertasi Tertutup | – | Rp 8.100.000,- | Dibayar sebelum sidang |
3 |
Sidang Tesis | Rp 1.400.000,- | – | Dibayar sebelum sidang |
4 |
Sidang Disertasi Terbuka | – | Rp 12.700.000,- | Dibayar sebelum sidang |
Jumlah |
Rp. 1.900.000,- | Rp. 23.400.000,- |