Silaturahim UNIDA ke UGM Perkuat Kerjasama

Universitas Gajah Mada (UGM) telah lama menjalin hubungan baik dengan Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor dalam berbagai hal. Di antaranya adalah pengadaan bangunan asrama Pascasarjana gedung Ali bin Abi Thalib yang sejatinya adalah hibah pemerintah kepada UGM, namun dialihkan ke UNIDA dengan dalih keterbatasan lahan. Di jajaran pengajar Program Pascasarjana terkhusus Prodi Pendidikan Bahasa Arab (PBA), tercatat beberapa dosen UGM ikut terlibat aktif mengajar baik secara daring maupun luring. Di prodi Aqidah dan Filsafat Islam, terdapat dua dosen UGM ikut mengajar materi Psikologi Islam, yaitu Prof. Subandi, MA, Ph.D dan Dr. Bagus Riyono, MA.

Rabu siang (12/1), rombongan Pascasarjana UNIDA mengunjungi UGM dalam rangka silaturahmi untuk memperkuat kerjasama. Wakil Rektor Dr. Abdul Hafidz Zaid, MA, Direktur Pascasarjana Dr. Kholid Muslih, MA, dan Asisten Direktur Dr. Jarman Arroisi, MA memimpin rombongan diikuti oleh Kaprodi PBA Dr. Agus Yasin, MA dan dosen UNIDA alumni Pascasarjana UGM Aufa Alfian Musthofa, S.Pd.I., M.A. Kunjungan kali ini menyasar ke Fakultas Ilmu Budaya Kajian Timur Tengah untuk menemui Prof. Syamsul Hadi, S.U., M.A dan Prof. Dr. Sangidu, M.Hum. yang juga tercatat mengajar linguistik bahasa Arab di Pascasarjana UNIDA Gontor.

Civitas akademika UNIDA mendapat sambutan hangat dari para staf dan dosen. Acara pun berlanjut dengan membicarakan berbagai isu penting di perguruan tinggi dan program kerja sama ke depan. Di antara topik yang dibahas adalah iktikad baik UNIDA untuk menuju predikat unggul tingkat nasional. Proses menuju status tersebut tentu membutuhkan banyak kerja keras dan bantuan dari segala pihak, termasuk UGM. Dr. Sangidu pun merestui untuk diadakan pertemuan lebih lanjut ke depan perihal kerjasama di bidang penulisan artikel di jurnal kampus. Dari pertemuan ini, UNIDA belajar banyak dari pengalaman UGM mengatasi urusan kepangkatan dan birokrasi perguruan tinggi. Hal ini patut disyukuri, mengingat kedua universitas ini sama-sama menaruh perhatian yang besar dalam keilmuan, khususnya pengembangan bahasa Arab.

Silaturahim dimulai sejak pukul 13.00 dan berakhir dua jam kemudian. Dr. Kholid dalam kesempatan ini menegaskan bahwa Pascasarjana UNIDA sangat antusias menerima Prof. Syamsul untuk ikut bergabung mengembangkan bahasa Arab di Pascasarjana UNIDA ke depannya, mengingat beliau akan paripurna dari UGM dalam jangka waktu dekat ini. Kerjasama dalam pengembangan keilmuan  semacam ini sangat penting mengingat UNIDA saat ini baru menginjak umurnya yang ketujuh tahun sejak berubah status universitas. Kampus lain yang ikut terlibat kerjasama di antaranya adalah Universitas Ahmad Dahlan untuk ikut membantu mendirikan fakultas kesehatan UNIDA Gontor. Diharapkan dari berbagai kerjasama ini akan menghasilkan perkembangan progresif untuk semua pihak terlibat, sehingga akan dilahirkan lebih banyak lagi sarjana-sarjana muda untuk ikut mencerdaskan kehidupan bangsa.

Amir Hidayatullah, S.Ag.

Amir Hidayatullah, S.Ag.

Sarjana Ilmu Quran-Tafsir Universitas Darussalam Gontor, alumni KMI Gontor 2014 SMART Generation, dan 7 tahun mengajar di Gontor kampus 2. Pemain musik dan maniak teknologi ini sedang menempuh studi Magister Pascasarjana UNIDA Gontor bidang Aqidah dan Filsafat Islam sejak tahun 2020. Baca tulisannya di: http://profius.my.id
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on email

Artikel Terkait:

TOP