“Sukses Itu Mutlak Membutuhkan Disiplin!”

“Salah satu catatan besar kekalahan Indonesia di liga final AFF kontra Thailand kemarin adalah pemain kurang berdisiplin baik di dalam maupun di luar lapangan”, tegas Dr. Jarman Arroisi memecah keheningan ruang 103 siang hari Sabtu ini (8/1). Terlihat di sekeliling beliau, belasan mahasiswa pascasarjana mendengar dengan seksama pemaparan evaluasi dan catatan seputar perkuliahan semester awal yang telah lewat di tahun ini. Bukan tanpa alasan, pertemuan penting ini adalah monitoring progress studi mahasiswa guru yang masih mengajar di Gontor kampus cabang maupun pusat. Inisiatif ini adalah tanda keseriusan Program Pascasarjana Universitas Darussalam Gontor dalam melakukan perbaikan sistem. 

Wakil Direktur Pascasarjana Dr. Jarman Arroisi membacakan surat putusan rektor UNIDA tahun 2018 berkenaan dengan syarat penerimaan mahasiswa pascasarjana dari guru pengabdian yang sudah sarjana Strata 1. Di antara poin penting yang tertulis adalah kewajiban mahasiswa yang bersangkutan untuk tinggal 3 hari di asrama pascasarjana untuk menciptakan miliu belajar dan membaca yang fokus dan intensif. Hal ini tentunya membutuhkan kedisiplinan dari masing-masing mahasiswa agar mampu menuntaskan masa studi tepat waktu 4 semester, demi mencegah hal-hal yang tidak diinginkan dari sistem yang berlaku.

Previous
Next

Beliau juga menghimbau agar mahasiswa guru mampu bersikap tegar dan optimis dalam menjalani proses masa studi di pascasarjana ini. Bagi santri, seorang guru yang sekaligus mahasiswa pascasarjana adalah kebanggaan bersama dilihat dari kapasitas keilmuannya dan teladan yang diberikan dalam membagi waktu dan tenaga mengajar sekaligus belajar. Diharapkan dengan pengawalan sedemikian rupa, mahasiswa guru yang ada saat ini akan menjadi role model yang mampu menarik mahasiswa guru lain untuk mengikuti jejak langkahnya turut memperdalam ilmu di Program Pascasarjana Universitas Darussalam Gontor. 

Amir Hidayatullah, S.Ag.

Amir Hidayatullah, S.Ag.

Sarjana Ilmu Quran-Tafsir Universitas Darussalam Gontor, alumni KMI Gontor 2014 SMART Generation, dan 7 tahun mengajar di Gontor kampus 2. Pemain musik dan maniak teknologi ini sedang menempuh studi Magister Pascasarjana UNIDA Gontor bidang Aqidah dan Filsafat Islam sejak tahun 2020. Baca tulisannya di: http://profius.my.id
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on email

Artikel Terkait:

TOP